Gudang Kopra di Singkawang Utara Dilalap Si Jago Merah

oleh -987 views
Gudang kopra milik Athian terbakar. Tampak petugas pemadam bersama warga setempat, berusaha memadamkan api, Senin (7/5/2018) siang.

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Pabrik kopra milik Athian di Jalan Ratu Sepudak Kelurahan Setapuk, Kecamatan Singkawang Utara, ludes dilahap si jago merah, Senin (7/5/2108), sekitar pukul 11.00 WIB.

Kapolsek Singkawang Utara Iptu Sunaryo mengatakan, menurut keterangan dari pemilik pabrik, dirinya mengetahui pabriknya terbakar setelah salah seorang karyawannya datang untuk mengabari kejadian tersebut.

“Tiba-tiba karyawan saya datang dan mengatakan bahwa kopra telah terbakar dan gudang juga sebagian terbakar. Lalu saya coba mengecek dan sebagian gudang saya sudah terbakar,” ujar Sunaryo menjelaskan keterangan pemilik pabrik.

Sunaryo mengatakan, mengetahui pabriknya terbakar, Athian berusaha dengan segala cara memadankan api, termasuk masuk tangki air bersih yang sedang melintas saat itu, ia berhentikan untuk memadamkan api dengan dibantu warga setempat.

“Korban memberhentikan mobil tangki yang lewat dibantu warga untuk memadamkan api. Lalu tidak lama kemudian datang lima unit mobil pemadam kebakaran  yang ikut membantu memadamkan api hingga akhirnya api berhasil dipadamkan sekira 30 menit/jam 12.30 WIB,” katanya.

Sementara itu, salah satu saksi mata, Aliong, kata Sunaryo, menjelaskan api diduga berasal dari oven selaian kopra yang masih menyala di dalam gudang. Api dengan cepat menjalar ke bagian selaian hingga merembet ke seluruh bagian selaian pabrik beserta isinya.

“Api diduga berasal dari oven selaian kopra. Dan menjalar ke seluruh gudang. Dari kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp 100.000.000,” katanya.

Dari hasil penyelidikan sementara, terang Sunaryo, belum ada informasi atau petunjuk yang mengarah kepada unsur tindak pidana.

“Untuk sementara diduga lantaran adanya unsur kelalaian. Karena menurut keterangan saksi, api berasal dari oven. Dan saat itu gudang dalam keadaan kosong,” pungkasnya. (mizar)