Nur Ali Kesal ke Ketua RT Rumahnya Terbakar

oleh -1.242 views
Kebakaran di Gang Merak 3, Pontianak, Rabu (4/7/2018). Tiga rumah warga ludes terbakar.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Kebakaran yang terjadi di Jalan Pak Kasih, Gang Merak 3, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Rabu (4/7/2018) dini hari, meludeskan tiga rumah warga.

Dalam kejadian tersebut, semua penghuni rumah selamat. Petugas pemadam kebakaran yang turun ke lokasi, berhasil memadamkan api. Namun, tiga rumah yang sebagian besar bermaterialkan kayu itu, seluruhnya hangus terbakar.

Diduga, kebakaran terjadi karena salah satu pemilik rumah bernama Efendi, sengaja membakar rumahnya sendiri, sehingga dua rumah lainnya ikut terbakar. Dari keterangan warga setempat, Efendi mengalami gangguan jiwa.

Salah satu pemilik rumah yang terbakar, Nur Ali, bersama keluarganya hanya bisa menangis meratapi rumah berikut barang-barang yang ada di dalamnya ludes dilahap si jago merah. Satu di antara putra Nur Ali, tampak kesal. Berteriak histeris melampiaskan kekesalannya kepada Efendi dan Ketua RT.

Baca juga: Kebakaran di Gang Merak 3, Diduga Dibakar Penghuni yang Mengalami Gangguan Jiwa

Betapa tidak kesal, kata Nur Ali. Sudah jauh hari ia dan warga lainnya meminta agar Ketua RT, Fajar, untuk segera memasukkan Efendi ke rumah sakit jiwa, karena bisa mengkhawatirkan warga sekitar.

“RT itu ada (diberi tahu), nanti tunggu dulu tunggu dulu nanti. Sudah dikabarkan (Efendi) ini bahaya,” ujarnya kepada awak media.

Saat kebakaran, Nur Ali melompat dari lantai dua untuk menyelamatkan diri. Tidak ada satupun barang yang bisa dibawa, kecuali pakaian yang ada di tubuhnya.

“Kalau tidak saya terkurung api di dalam. Tidak bisa, saya harus cari RT. RT sudah dibilangkan (diperingatkan),” ucapnya kesal.

“Satu helai sepinggang jak. Habis semua pak barang tidak ada lagi, habis barang saya, satu helai pun tidak ada lagi,” kata Nur Ali sambil menangis.

Sementara itu, Ketua RT, Fajar, mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Api diketahui berasal dari rumah Efendi. “(Api) dari rumah ini,” ucapnya menunjuk rumah Efendi.

Fajar mengungkapkan, sebetulnya ia bersama warga lainnya sudah berencana untuk menitipkan Efendi ke rumah sakit jiwa dalam waktu dekat.

Hal senada dikatakan Samsuri, warga Gang Merak 3. Bahwa rencananya Efendi akan dititipkan ke rumah sakit jiwa.

“Kami inikan sedang berupaya memasukkan beliau (Efendi) ke rumah sakit jiwa. Sudah sering keluar masuk Pak Efendi ini. Kita besok rencana mau masukkan ke Rumah Sakit Jiwa Sungai Bangkong,” katanya.

Warga meyakini, karena mengalami gangguan jiwa, Efendi membakar rumahnya. Saat kejadian, warga tidak menemukan Efendi. Diduga, Efendi kabur setelah kejadian tersebut. (qrf)