Kebakaran di Gang Merak 3, Diduga Dibakar Penghuni yang Mengalami Gangguan Jiwa

oleh -1.067 views
Kebakaran di Gang Merak 3, Pontianak, Rabu (4/7/2018).

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Tiga rumah di Jalan Pak Kasih, Gang Merak 3, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, ludes terbakar dalam kebakaran yang terjadi Rabu (4/7/2018) dini hari, sekira pukul 02.30 WIB.

Api dengan cepat membakar rumah yang sebagian besar bermaterialkan kayu. Sejumlah mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api.

Diduga, kebakaran bermula dari salah satu pemilik rumah bernama Efendi, yang sengaja membakar rumahnya sehingga mengakibatkan dua rumah yang berada di sampingnya ikut terbakar. Dari keterangan warga setempat, Efendi mengalami gangguan jiwa.

“Dari rumah yang pertama ini, dari rumah orang yang stres ini, Pak Efendi namanya ini. Istrinyakan stroke dibawa ke rumah mamanya. Jadi saya bangun, saya mau kencing, api sudah, rumahnya sudah habis. Kebetulan rumah bapak itukan rumah kayu, rumah lama,” ujar Samsuri kepada awak media di lokasi kejadian.

Saat kejadian, Efendi sudah tidak berada di rumah. Ditengarai, Efendi kabur. Namun Samsuri dan warga lainnya meyakini, Efendi yang melakukan. Karena upaya serupa pernah terjadi.

“Dulu pernah, kita cegah. Ya main-main api gitu pakai minyak tanah segala macam, kita cegah kita atasi, dapat,” katanya.

Dalam kejadian tersebut, tidak ditemukan korban jiwa. Sempat seorang perempuan paruh baya hampir saja terjebak di dalam salah satu rumah yang terbakar, namun masih bisa diselamatkan. Dari kejadian itu, kerugian yang dialami belum diketahui. (qrf)