Kambepit, Gelar Adat Presiden Jokowi dari Suku Asmat

oleh
Presiden Joko Widodo saat menyapa anak-anak di Kabupaten Asmat, Papua (12/4/2018) Foto : Biro Setpres

PAPUA, KILASKALBAR.com – Presiden Joko Widodo dianugerahi gelar adat dari masyarakat Suku Asmat dalam kunjungan kerjanya di Papua.

Pemberian gelar adat tersebut diberikan sesaat setelah presiden yang disapa Jokowi ini tiba di Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (12/4/2018).

Dilansir dari laman setkab.go.id, Jokowi beserta ibu negara Iriana disambut tarian selamat datang, yang dilanjutkan dengan pengaugerahan gelar adat yang secara simbolis ditandai dengan penyerahan kayuh perahu dan noken.

Pemberian nama adat kepada Jokowi ini, telah diputuskan dalam Musyawarah Pimpinan Lembaga Masyarakat Adat Asmat, yaitu Kambepit.

Kambepit merupakan nama panglima perang Asmat yang berasal dari rumpun Bismania.

Bagi Suku Asmat, Kambepit merupakan pemimpin pemberani dan visioner yang memimpin Suku Asmat memasuki era perubahan, sehingga masyarakat Asmat mengenal peradaban modern seperti sekarang ini.

Masyarakat adat Asmat berharap, dengan pemberian gelar ini Presiden Joko Widodo bisa menjadi Panglima Kambepit di masa kini yang memimpin mereka menuju era perubahan dan masa depan yang lebih baik.

(setkab.go.id/*/Noy)