Tidak Ada Daerah Otonomi Baru, Mendagri : Usul Pemekaran Banyak, Tapi Masih Moratorium

oleh
Mendagri Tjhajo Kumolo usai melantik Penjabat Gubernur Papua di Jayapura, Selasa (10/4/2018).

JAYAPURA, KILASKALBAR.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa saat ini pemerintah tidak akan mengakomodir usulan pemekaran daerah otonomi baru (DOB). Ia mengatakan, fokus program Presiden Joko Widodo adalah mengoptimalkan bidang pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sosial.

“Pemekaran belum ada, kita ingin mengoptimalkan dulu program pak Jokowi untuk memastikan keberhasilan di bidang pembangunan insfrastruktur, ekonomi dan sosial,” ujarnya usai melantik Penjabat Gubernur Papua di Jayapura, Selasa (10/4/2018).

Ia mengungkapkan, saat ini memang banyak daerah yang mengusulkan pemekaran. Namun di era pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, sudah ada kebijakan moratorium atau pemberhentian sementara waktu pemekaran DOB.

Tjhajo berharap, pemerintah di daerah untuk dapat fokus memajukan sektor-sektor kunci demi peningkatan kemajuan masyarakat.

“Usul pemekaran banyak, tapi masih moratorium. Lebih baik kita memacu sektor-sektor yang kuncinya untuk peningkatan kemajuan masyarakatnya,” pungkasnya. (*/qrf)