Kabar Gembira, Menkominfo Putuskan Satu NIK Bisa Daftar Lebih Dari Tiga Nomor

oleh -1.069 views
Aksi masa saat membakar kartu perdana dan poster Menkominfo Rudiantara di halaman kantor DPRD Kalbar (2/4/2018)

JAKARTA, KILASKALBAR.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akhirnya memutuskan satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) bisa digunakan untuk mendaftarkan lebih dari 3 nomor kartu SIM dan tak memiliki batasan.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat tentang implementasi registrasi kartu SIM yang didistribusikan kepada masing-masing operator seluler.

Terdapat lima poin yang disampaikan secara rinci untuk para operator tertuang dalam keputusan tersebut.

Baca Juga :Pemilik Konter Bakar Kartu Perdana dan Poster Menkominfo di DPRD Kalbar

Dalam surat tersebut, ditegaskan operator wajib melaksanakan Surat Edaran Menteri Kominfo Nomor 01 Tahun 2018 untuk memberikan hak kepada outlet untuk menjadi mitra pelaksana registrasi. Termasuk nomor pelanggan ke empat dan seterusnya sesuai undang-undang.

Dalam surat tersebut juga diterangkan bahwa tidak ada pembatasan jumlah nomor yang bisa diregistrasikan dengan satu NIK.

Artinya, pengguna bisa memiliki lebih dari tiga nomor SIM.

Meski demikian, operator seluler yang bersangkutan wajib untuk melaporkan NIK yang mendaftarkan banyak nomor setiap tiga bulan secara berkala.

Kebijakan sebelumnya terkait soal penonaktifan nomor SIM yang tidak melakukan registrasi sampai batas waktu 30 April kemarin, diputuskan bahwa pengguna bisa mengaktifkan kembali nomor yang melewati batas registrasi sampai tenggat akhir bulan lalu.

Namun pengguna juga diwajibkan untuk melakukan registrasi sesuai dengan mekanisme pendaftaran nomor baru, bukan mekanisme daftar ulang.

Kebijakan ini juga dibuat untuk melindungi pengguna dan menjaga kerahasiaan data pribadi pelanggan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. (*/Noy)