Minimal Seri Lawan Jabar I, Darul Hikmah Akan Catatkan Sejarah Kalbar Lolos Fase Grup di LSN Nasional

oleh -1.375 views
Kesebelasan Darul Himah mewakili Kalbar dalam Liga Santri Nusantara tingkat nasional di Surakarta, Jawa Tengah.

SURAKARTA, KILASKALBAR.com – Perwakilan Regional Kalimantan II Kalbar, Pondok Pesantren Darul Hikmah Kubu Raya, mencatatkan hasil baik pada laga pertama Liga Santri Nusantara (LSN) tingkat nasional saat bertemu perwakilan Sumatera V di Stadion Kota Bharat Surakarta, Senin (1/10/2018).

Darul Hikmah berhasil menekuk perwakilan Sumatera V dengan skor 2-1. Sementara pada pertandingan kedua yang digelar Selasa (2/10/2018) pagi, Darul Hikmah berbagi poin dengan perwakilan DI Yogyakarta. Hingga peluit terakhir, 1-1 tidak berubah di papan skor. Saat ini Darul Hikmah mencatatkan poin 4 dari dua pertandingan.

“Hari Kalbar skor akhir seri 1-1 melawan perwakilan DI Yogyakarta. Semoga di pertandingan berikutnya, Kalbar menang untuk bisa lolos grup,” ujar Panpel LSN Regional Kalimantan II, Kalimantan Barat, Muhammad Amin.

Peluang Darul Hikmah lolos di fase grup terbuka lebar. Sebelumnya, perwakilan Jawa Barat I berhasil mengalahkan DI Yogyakarta dengan skor telak 4-0. Kalbar sendiri berada dalam Grup G, Jawa Barat I, DI Yogyakarta, dan Sumatera V.

Manager Darul Hikmah, Romawi Martin, sebelumnya mengungkapkan, bahwa berada satu grup dengan perwakilan Sumatera dan Jabar dinilai berat. Namun ia optimis timnya bisa lolos di fase grup.

“Kalau ketemunya biasa karena ini pertandingan. Tapi kita akan maksimal lolos fase grup,” katanya.

Bertemu dengan perwakilan provinsi yang memang dikenal bagus dalam mencetak pemain di tingkat klub nasional, Romawi mengungkapkan, timnya akan menerapkan permainan bola pendek. Dan itu berhasil saat bertemu Sumatera V dan DI Yogyakarta.

“Kalau Kalbar inikan karena posturnya yang kurang, kita memang tehniknya bermain bola pendek. Bermain bola panjang sudah dicoba kemarin agak kewalahan. Karena postur kalah, speed kalah, dan tehnik memang masih di kelas bawah pemain Jawa,” katanya.

“Target lolos fase grup untuk tahap awal. Dan selanjutnya kita target masuk final,” timpal dia

Sementara itu, Sekretaris PWNU Kalbar Ahmad Hasyim berharap, perwakilan Kalbar bisa memberikan hasil terbaik dalam LSN Nasional di Surakarta.

Melihat permainan saat grand final LSN Regional Kalimantan II di Pontianak, Hasyim optimis Darul Hikmah bisa lolos dari fase grup.

“Kalau dilihat dari pelatih, pemain, penggodokan beberapa hari ini sangat luar biasa. Kami optimis Kalbar bisa lolos fase grup,” katanya.

Kapten Darul Hikmah, Muhammad Reisha mengaku yakin timnya bisa memberikan permainan terbaik di LSN Nasional.

“Kami akan memberikan yang terbaik buat Kalbar. Kita akan bermain secara tim. Menerapkan strategi dari pelatih. Kita sudah dilatih fisik dan mental serta bermain untuk mengutamakan saling kerjasama,” tuturnya.

Darul Hikmah akan lolos ke fase grup minimal bermain imbang besok melawan perwakilan Jabar I. Kalaupun kalah, tetap bisa lolos asalkan tidak kebobolan lebih dari 3 gol. Lantaran Sumatera V sudah kalah dua kali, sementara DI Yogyakarta kalah dari Jabar I dan seri dengan Kalbar. (qrf)