Lapas Singkawang Berikan Pengawasan Khusus ke Napi Teroris

oleh -1.302 views
Kalapas IIB Singkawang, Sambiyono.

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Singkawang, Sambiyono mengatakan, terkait narapidana (napi) teroris yang ada di dalam Lapas Kelas IIB Singkawang, hingga kini masih dalam pengawasan pihaknya.

“Untuk napi teroris hingga kini masih kondusif dan kooporatif selama di dalam Lapas. Dan biar bagaimana napi tersebut tetap kita perlakukan sebagai napi teroris,” ujarnya di Singkawang, Jumat (10/8/2018).

Sambiyono menjelaskan, sejauh ini napi teroris beriniaial Al atas kasus bom Tamrin Jakarta yang dipindah pada Februari 2017 lalu, tidak ingin disebut napi teroria. Pasalnya dengan sebutan itu menimbulkan anggapan negatif.

“Apa makna jihad apa makna teroris dia tidak mau terima disebut teroris. Namun sebagaimana dirinya dipindahkan sebagai napi teroris, tetap kita berlakukan sebagai napi teroris,” ucapnya.

Sambiyono menuturkan, pihaknya menerapkan pengawasan ketat terhadap Al, terutama dalam pembesukan. Kecuali pemantauan rutin dari Densus 88, Kodim maupun pihak kepolisian.

“Ia rutin dipantau dari Densus, Polres dan Kodim. Dan kita tidak akan memberikan izin besuk jika tidak ada izin dari Polres maupun Kodim. Yang jelas setiap pengunjung identitasnya harus kita periksa. Tidak semudah yang dibayangkan, sesuai dengan protap yang ada,” katanya.

Al telah menjalankan masa hukuman sekitar delapan bulan.

“Di dalam sel napi tersebut masih belum bisa berkomunikasi dengan napi lain, sangat terbatas. Karena apapun perkembangannya selalu kita laporkan ke BNPT,” tutur Sambiyono. (mizar)