Tilang Operasi Patuh Kapuas Tahun Ini Meningkat

oleh -1.084 views
Kasat Lantas Polresta Pontianak Kompol Syarifah Salbiah.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Kasat Lantas Polresta Pontianak Kompol Syarifah Salbiah mengatakan, sejak dilakukan Operasi Patuh Kapuas 2018, tercatat lebih dari seribu tilang dikeluarkan oleh pihaknya kepada para pengendara yang melanggar aturan lalulintas di kawasan hukum Polresta Pontianak Kota.

Operasi Patuh Kapuas 2018, dimulai pada 26 April lalu, dan diagendakan selesai hingga empat hari mendatang.

Ia menyebutkan, penindakan kepada pengendara pelanggar aturan lalulintas, saat ini tercatat mencapai 1.202 tilang. Angka meningkat dari tahun sebelumnya, yakni 814 tilang.

“Untuk laka sendiri, di tahun ini sudah terjadi tiga laka turun yang sebelumnya mencapai lima laka, sementara luka berat sendiri sudah terjadi tiga kasus, naik dari tahun sebelumnya yang hanya dua kasus,” ujarnya, Minggu (6/5/2018).

Operasi yang dilaksanakan selama 10 hari ini, pihak Polresta lebih mengedepankan fungsi represif sebanyak 50 persen kepada pengendara, preemtif sebesar 25 persen dan preventif sebesar 25 persen.

Ia menuturkan, dalam pelaksanaannya, Operasi Patuh Kapuas 2018 berjalan dengan aman dan lancar.

“Karena sebelum melaksanan operasi ini, kita sudah laksanakan praoperasi. Petugas juga sudah kita berikan pelatihan dan masyarakat juga sudah kita sosialisasikan melalui banner, pamflet dan lain-lain,” jelasnya.

Tidak cuma penindakan melalu tilang, pihak kepolisian juga melakukan teguran kepada pengendara. Sebanyak 281 teguran, naik dari jumlah tahun sebelumnya, yakni 170.

Operasi yang dilaksanakan di halaman Mapolresta Pontianak Kota, Minggu (6/5/2018), pihak kepolisian berhasil menilang 60 pengendara. 11 pelanggaran SIM, 28 pelanggaran STNK dan 21 pelanggaran kendaraan bermotor. (qrf)