Polres Singkawang Tangkap Pencuri Motor Spesialis Rumah Kos

oleh -3.408 views
Tersangka IP beserta barang bukti saat diamankan di Mapolres Singkawang

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Satuan Reserse Kriminal Polres Singkawang bersama Satuan Intel Brimob Detasemen B Pelopor Singkawang berhasil mengamankan seorang tersangka pelaku pencurian sepeda motor berinisial IP, Selasa (1/5/2018)

Kasat Reskrim Polres Singkawang, AKP Michael Teri Hendrata mengungkapkan, penangkapan tersangka berawal dari laporan korban, yang melaporkan bahwa kendaraan miliknya telah di bawa kabur pelaku di salah satu rumah kost di Jalan Tani Gang Cisadane, Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat beberapa waktu lalu.

“Saat itu, sekitar pukul 04.00 WIB, korban terbangun dan melihat motor Vario 150 miliknya sudah tidak berada di tempat. Korban kemudian melaporkan kepada kepolisian,” ujar Michael, Selasa (1/5/2018).

Berdasarkan laporan tersebut, sambung Michael,  petugas kemudian melakukan serangkaian penyelidikan serta melakukan olah TKP serta memeriksa sejumlah saksi.

Akhirnya, Sabtu (28/4/2018) malam, petugas mendapatkan informasi adanya transaksi jual beli sepeda motor dimana ciri-ciri sepeda motor tersebut mirip dengan barang bukti curanmor yang sedang ditangani.

Setelah melakukan pendalaman dan pengecekan identitas motor yang telah dikuasai orang lain tersebut, cocok dengan kendaraan yang dilaporkan hilang.

“Petugas kemudian menginterogasi terhadap pembeli kendaraan tersebut
dan mendapatkan informasi jika motor itu dibeli dari tersangka IP, warga Sekip Lama,” katanya.

Tanpa menunggu lama, petugas kemudian melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan tersangka di rumahnya.

Dari hasil penggerebekan tersebut, ungkap Michael, petugas mendapatkan barang bukti berupa kunci T yang diduga sebagai sarana pelaku untuk mencuri motor.

“Petugas juga menemukan sejumlah perangkat penggunaan narkotika jenis sabu-sabu bekas pakai di rumah pelaku,” ungkap Michael.

Sementara itu, berdasarkan pengakuan tersangka, mengakui jika memang dia yang mencuri motor di rumah kos tersebut. Selain itu, pelaku juga mengaku mencuri motor di rumah kos lainnya di daerah Jalan Satria, Singkawang Tengah.

Saat ini pelaku beserta barang bukti masih diamankan di Mapolres Singkawang untuk proses hukum selanjutnya. (Mizar)