Polresta Pontianak Bedah Rumah Pak Rebung

oleh -816 views
Rahmat dan adiknya Rasat di depan rumahnya yang baru selesai direnovasi.

KUBU RAYA, KILASKALBAR.com – Rahmat (61) dan Rasat (57), dua bersaudara yang tinggal di Desa Kuala Mandor A, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat tak kuasa menahan haru saat rumahnya mendapat bantuan renovasi dari Polresta Pontianak.

Selama 20 tahun, dua bersaudara tersebut tinggal di rumah reot yang nyaris roboh. Setelah mendapat bantuan dari pihak Polresta Pontianak melalui bedah rumah, kini Rahmat dan Rasat bisa bernaung dengan nyaman.

“Saya sangat berterimakasih kepada kepolisian terutama Kapolresta Pontianak dan Kapolsek Kuala Mandor B, telah merenovasi rumah saya,” ungkap Rahmat, pria yang kesehariannya menjual rebung ini, Sabtu (4/8/2018).

Sejak kedua orangtuanya meninggal dunia, rumah yang dihuni dua bersaudara tersebut sangatlah memprihatinkan. Rahmat menuturkan, dirinya tak mampu merenovasi rumah lantaran kondisi ekonomi.

“Sudah puluhan tahun saya tinggal saya tak mampu untuk merenovasi, karena untuk sehari-hari saja kami juga tidak cukup. Saya sangat bersyukur allhamdulilah rumah saya dibedah,” ucapnya.

Rahmat dan Rasat bersama Kapolresta Pontianak Kombes Pol Wawan Kristyanto serta jajarannya berfoto bersama di depan rumah yang telah dibedah.

Bekerja menjual rebung, Rahmat karib disapa Pak Rebung oleh warga setempat ataupun pelanggan yang mengenalnya. Tidak setiap hari ia mendapatkan pesanan rebung dari pasar untuk dijual lagi. Tak jarang, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Rahmat dan adiknya mendapat bantuan dari warga dan tetangganya.

“Kalau ada pesanan rebung dari pasar kita carikan, kalo tidak ada pesanan saya sama adik saya diam saja. Itupun hasil jualan rebung Rp30 ribu sekali jualan pun tak cukup untuk kehidupan kami sehari-hari,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan, Rahmat menjadi tulang punggung. Adiknya tak bisa membantu mencari nafkah karena mengalami gangguan jiwa.

“Apalagi kalau saya sering sakit terpaksa tidak bisa juala. Kalau saya mengharapkan adek saya pun sakit juga,” ujarnya.

Beni, Ketua RT setempat mengatakan, sejak ditinggal oleh kedua orangtuanya, Rahmat dan Rasat hidup dalam keterbatasan. Adiknya yang mengalami gangguan jiwa membuat Rahmat harua berjuang sendiri untuk mencari nafkah. Dengan kondisi tersebut, acapkali warga setempat membantu dua bersaudara itu.

“Terkadang kami warga setempat memberikan beras dan kebutuhan pokok lainnya semampu kami saja,” ucapnya.

Prihatin dengan warganya, Beni mengungkapkan pernah meminta bantuan kepada pemerintah kabupaten. Namun sampai sekarang bantuan itu tak kunjung datang.

“Waktu itu saya bersama warga setempat untuk meminta bantuan kepada pemerintah kabupaten, tapi tidak ada respon yang cukup baik,” katanya.

Beni dan warga sekitar sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari pihak kepolisian yang merenovasi rumah Rahmat yang tidak layak huni.

Program bedah rumah Rahmat berawal dari Babinkamtibmas Desa Kuala Mandor B yang melihat tempat tinggal kedua bersaudara itu sangat memprihatinkan dan hampir roboh.

“Pada saat itu Babinkamtibmas melihat rumah pak Rahmat dan adiknya Rasat sangat memprihatinkan dan dikategorikan tidak layak huni. Berkat dari saran Babinkamtibmas itu, kami membedah rumah bersama masyarakat sekitar,” ujar Kapolsek Kuala Mandor B Iptu Suryadi.

Kapolresta Pontianak dan istri berfoto bersama Rahmat dan Rasat.

Sementara itu, Kapolreta Pontianak Kota Kombes Pol Wawan Kristyanto mengatakan, inisiatif bedah rumah setelah dirinya mengetahui informasi bahwa ada warga yang sangat kondisi rumahbya sangat memprihatinkan.

“Saya mendapat informasi dari Kapolsek Kuala Mandor B ada warganya tempat tinggalnya hampir roboh dan saya memerintahkan untuk membantu bedah rumah dengan swadaya dari jajaran Polresta Pontianak dan allhamdulilah rumah pak Rahmat sudah dibedah dalam kurun waktu 3 hari saja,” katanya.

Wawan menuturkan, program bedah rumah ini sebagai wujud pengabdian kepolisian kepada masyarakat untuk melayani, melindungi dan mengayomi sebagaimana semboyan kepolisian. (ws)