Cegah Rabies di Singkawang, Petugas Vaksinasi dari Rumah ke Rumah

oleh

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Pusat Kesehatanatan Hewan (Puskeswan) Kota Singkawang melakukan vaksinasi anjing dari rumah ke rumah untuk mencegah rabies.

Upaya tersebut dilakukan lantaran vaksinasi anjing yang dilakukan oleh petugas selama ini biasanya mengalami hambatan di lapangan.  Baik itu sulitnya medan, minimnya infrastruktur hingga penolakan yang dilakukan oleh masyarakat pemilik anjing.

Kepala UPT Puskeswan Singkawang, Rossa mengatakan pihaknya seringkali kesulitan memberikan vaksin kepada anjing saat pemiliknya tidak bersedia, karena masih ada yang menolak saat anjingnya akan di vaksinasi.

Penolakan dilakukan oleh pemilik hewan tersebut, menurut Rossa terkadang disebabkan oleh informasi yang salah yang mereka dapatkan.

Seperti yang terjadi di wilayah Mantoman, Kelurahan Nyarumkop Kecamatan, Singkawang Timur. Saat petugas datang, seorang ibu-ibu awalnya bersikeras agar hewannya tidak di vaksin.

Ibu tersebut khawatir anjingnya akan mati jika di vaksin.

“Intinya kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga sadar supaya hewannya bisa kita vaksin,” kata Rossa, Kamis (29/3/2018).

Selain menyampaikan informasi pentingnya vaksinasi, petugas juga mensosialisasikan bentuk dan gejala rabies.  Supaya, apabila ada warga yang tergigit, bisa dilakukan pencegahan dini dengan pemberian vaksin anti rabies.”

Supaya jangan sampai ketika virus ini telah masuk, masyarakat bisa memahami dan tidak berfikiran jika penyakit tersebut akibat klenik atau hal hal berbau mistis, terutama jika terjadi di masyarakat yang jauh dari akses informasi di pelosok,” ujar Rossa. (Noy)