Tim Penggerak PKK Kalbar Galakkan Pekarangan Jadi Warung Hidup

oleh -1.656 views
Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Tita Kadarsari mengunjungi PKK Kelurahan Saigon, Pontianak.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Tita Kadarsari mengajak, apabila dalam setiap rumah tangga dapat memanfaatkan pekarangan rumah tangganya masing-masing, selain untuk meningkatkan gizi keluarga juga adalah untuk mengurangi pengeluaran belanja sehari-hari bahkan hasilnya bisa dijual untuk menambah pendapatan keluarga.

“Pemanfaatan lahan pekarangan bisa dimanfaatkan menjadi warung hidup, apotek hidup bahkan dengan lingkungan yang bersih,” kata Tita Kadarsari, usai mengunjungi lokasi di Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur bersama Tim Juri Lomba Hatinya PKK, Senin (30/7/2018).

Dikatakannya, pemanfaatan lahan pekarangan ini bukan hanya sekedar mengikuti lomba tetapi terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga dapat menjadi contoh bagi kelurahan maupun desa-desa yang lain sebagai tempat studi banding.

“Hatinya PKK merupakan suatu gerakan dengan implementasinya masyarakat memanfaatkan halaman di sekitar rumah warga masyarakat. Selain itu dapat menciptakan kenyamanan, keasrian dalam pemanfaatan lahan pekarangan ini sehingga dapat meningkatkan cakupan gizi keluarga,” ucapnya menjelaskan.

Melalui hatinya PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar untuk mengelola pekarangan atau halaman rumahnya masing-masing dengan menanam sayur-sayuran, cabai, talas, ubi, tanaman obat dan sebagainya bahkan membuat kolam ikan dan ternak yang kesemuanya sebagai sumber protein hewani maupun nabati dalam pemenuhan gizi keluarga atau masyarakat sehingga menciptakan peningkatakan kualitas hidup dan sumberdaya manusia.

Mengingat masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangannya masing-masing, diharapkan dengan lomba hatinya PKK ini dapat memotivasi kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangannya yang dapat mendukung peningkatan ekonomi keluarga.

“Pengelolaan sampah yang baik, sampah itu bisa menjadi pupuk organik dan sampah anorganik yang dapat didaur ulang menjadi barang-barang yang produktif yang dapat dijual,” ujarnya.

Ia menjelaskan, TP PKK Kalbar mengucapkan selamat kepada PKK Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur yang telah berhasil masuk dalam nominasi enam terbaik penilaian lomba Hatinya PKK Tingkat Nasional Tahun 2018, yang telah banyak dibina oleh TP PKK Kecamatan maupun TP PKK Kota Pontianak.

“Semoga PKK Kelurahan Saigon dapat meraih hasil yang terbaik sesuai dengan yang diharapkan oleh kader PKK,” tuturnya. (*/qrf)