Waduh, Tanah Milik TNI AU di Singkawang Dijadikan Tempat Sampah

oleh -1.874 views
Lahan milik TNI AU di Jalan U Dahlan M Suka Singkawang yang dijadikan tempat pembuangan sampah

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Komandan Lanud Harry Hadisoemantri (HAD), Letkol Pnb Erick Rofiq Nurdin menyayangkan sikap Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang lantaran tanah milik TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang berada di Jalan U Dahlan M Suka, Kelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Tengah dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah (TPS).

Kekesalan tersebut diungkapkan Danlanud saat petugas Dinas Lingkungan Hidup sedang mensosialisasikan dan memasang plang imbauan tentang jadwal pembuangan sampah, di lokasi tersebut Senin (30/4/2018).

Dia pun meminta agar plang imbauan tersebut untuk tidak dipasang, mengingat lahan tersebut adalah milik TNI AU dan pihaknya belum pernah membuat aturan untuk dijadikan TPS.

Terlebih, menurutnya, tanah tersebut rencananya akan dijadikan mess dan sebagainya.

“Sebelumnya pada tahun lalu kita juga sudah melayangkan surat kalau tanah ini sudah dijadikan sebagai TPS. Warga sekitar sebenarnya tidak setuju juga akan hal ini,” ujar Erick, Senin (30/4/2018).

TNI AU, sebut Erick, juga tidak pernah memerintahkan kalau lokasi tersebut akan dijadikan sebagai TPS.

Sehingga, dalam waktu dekat dirinya akan mengirimkan surat kembali ke Dinas Lingkungan Hidup Singkawang agar segera ditindaklanjuti.

Erick menambahkan, dirinya memaklumi jika surat yang dilayangkan sebelumnya tidak ditindaklanjuti, lantaran ada peralihan (perampingan) dinas dari kebersihan ke lingkungan hidup.

Dia berharap, setelah pengiriman surat yang kedua kalinya ada solusi terbaik dari Dinas Lingkungan Hidup untuk tidak menggunakan tanah milik TNI AU menjadi TPS.

“Kita berharap TPS ini dapat di pindah, karena kita akan merawat dan menjaga tanah ini, mengingat ada wacana strategis kami bahwa akan ada pembangunan-pembangunan di tanah ini,” jelasnya. (Mizar)