Keren, Singkawang Punya Satpol PP Khusus Pariwisata

oleh
Penjabat Sekda Kota Singakawang, Bujang Syukrie saat menyematkan pin Satpol PP Pariwisata (sumber : mc.singkawangkota.go.id)

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Pemerintah Kota Singkawang membentuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata untuk mendukung potensi wisata yang ada. 

Pembentukan Satpol PP Pariwisata ini dikukuhkan langsung oleh Kepala Satpol PP Kota Singkawang, Juandi, Selasa (27/3/2018) kemarin. 

“Untuk mewujudka kota wisata itu masyarakatnya harus ramah, tak terkecuali juga anggota Satpol PP Singkawang,” kata Juandi dilansir dari laman mc.singkawangkota.go.id, Kamis (29/3/2018).

Juandi menambahkan, dengan adanya program Satpol PP Pariwisata ini, tidak hanya meninggalkan kesan berwajah sangar, tapi juga raham, Baik itu dalam berpakaian, perilaku dan etika dalam menghadapi tamu-tamu yang berkunjung ke Kota Singkawang.

“Jadi anggota yang tergabung dalam Satpol PP Pariwisata ini nanti sifatnya bisa melayani, mengarahkan, menjaga, mengawal dan menjaga keamanan dan ketertiban para tamu yang berkunjung ke Singkawang,” ujar Juandi.

Meski demikian, sebut Juandi, seragam yang dikenakan sebanyak 15 anggota Satpol PP itu tidak dikenakan setiap hari, melainkan hanya digunakan pada saat-saat event tertentu.

“Sehingga pada event-event tertentu nanti, apabila ada tamu dari pemerintahan, pengusaha, barulah anggota Satpol PP Pariwisata ini diturunkan untuk melayani, mengarahkan, menjaga, mengawal dan menjaga keamanan dan ketertiban para tamu,” ungkapnya.

Anggota yang tergabung dalam Satpol PP Pariwisata ini terdiri dari 7 wanita dan 8 laki-laki. Desain pakaian yang digunakan juga dikolaborasikan dengan dinas pariwisata. 

“Jadi bukan hanya dari pakaiannya saja yang di tonjolkan, tapi juga pengetahuan dan wawasannya terutama mengenai potensi wisata mereka harus kuasai,”sebutnya.

Program seperti ini, sambung Juandi, sudah berjalan di daerah-daerah lain seperti Ambon, Sulawesi dan Kalimantan Selatan.

Senada dengan Juandi, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Singkawang, Bosni mengungkapkan, disamping menegakan Perda, Satpol PP juga harus terlibat dan bersinergi serta mendukung pariwasata yang ada di Kota Singkawang.

“Pakaian pariwasata yang kita berikan tidak untuk digunakan setiap hari kerja, namun hanya akan digunakan pada event-event pariwasata saja,” ujar Bosni. (Noy)