Kabar Gembira, Bandara Singkawang Mulai Dibangun Mei 2018

oleh
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie (Sumber : mc.singkawangkota.go.id)

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Keberadaan bandar udara (bandara) yang dinantikan masyarakat Kota Singkawang tak lama lagi bakal terwujud. 

Pasalnya, Wali Kota Singkawang berencana akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan bandara yang berlokasi di Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan itu pada bulan Mei 2018 mendatang

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, hingga saat ini proses dalam mewujudkan bandara itu terus berlangsung. 

“Bahkan hasil rapat baru baru ini kita membahas kemajuan perkembangan soal pembangunan bandara. Saya harapkan bulan Mei 2018 sudah bisa peletakan batu pertama,” ungkap Tjhai Chui Mie dilansir dari Media Center Diskominfo Singkawang, Selasa (27/3/2018).

Tjhai Chui Mie menambahkan, saat ini tim apresial sudah turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan proses yang diperlukan dalam rangka pembebasan lahan bandara. 

“Termasuk bagian penghitungan harga, sehingga diharapkan proses tersebut pertengahan April 2018 sudah bisa selesai,” katanya. 

Sejauh ini, sebut Wali Kota perempuan pertama di Singkawang ini, belum ada kendala berarti terkait proses pembebasan lahan. Karena memang masih dalam proses penghitungan demi menentukan harga wajar sesuai standar juru hitung Apresial tersebut. 

Orang nomor satu di Singkawang ini pun sudah bertemu langsung dengan para pemilik lahan yang mendukung pembangunan bandara ini.

“Mereka pemilik lahan mendukung akan hal ini, tidak ada masalah, namun tentunya nanti kita akan melihat juga pada proses penetapan harga lahan warga. Semoga tidak mengalami kendala berarti,” katanya.

Apalagi, memang masyarakat menginginkan pembangunan bandara ini berjalan sesuai rencana yang sudah dibuat. 

Karena menurutnya, masyarakat juga ingin memajukan kota Singkawang.

“Tentunya jika ingin kota Singkawang ingin lebih baik maka dukungan terhadap pembangunan bandara sangat perlu,” ujarnya.

 “Jika tidak mendukung pembangunan bandara bagaimana kita bisa membangun kota Singkawang lebih baik lagi,” sambung Tjhai Chui Mie.

Terkait dengan dukungan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI sudah tidak masalah.

Karena selama ini yang menjadi kendala rencana pembangunan bandara adalah masalah lahan sebagai lokasi pembangunan bandara dan saat ini proses pembebasan lahan untuk lokasi bandara tengah berlangsung.

“Kita sudah mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan RI, tidak ada masalah terkait izin dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Sehingga, proses percepatan pembangunan bandara ini tahap demi tahap terus dikebut pihak Pemerintahan Kota Singakawang. (Noy)