Reuni Akbar dan Pelantikan Pengurus, IKA Alumni SMPN 2 Pontianak Perkuat Jaringan Alumni dan Sekolah

oleh -2.015 views
Ketua Umum IKA Alumni SMPN 2 Pontianak, Abdul Hadi (tengah), berfoto bersama Sekretaris Umum IKA, Syahri (kiri).

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Alumni SMP Negeri 2 Pontianak, menggelar reuni sekaligus pelantikan Pengurus Ikatan Alumni SPN Negeri 2 Pontianak periode 2018-2022 di Hotel Orchardz Perdana, Pontianak, Sabtu (28/4/2018) pagi.

Acara tersebut dihadiri alumni dari berbagai angkatan. Dalam sambutannya, Ketua Umum IKA SMP Negeri 2 Pontianak, Abdul Hadi menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak khususnya alumni yang telah berhasil menyatukan para alumni melalui wadah pengurus ikatan alumni.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepara teman-teman panitia yang telah berhasil mempersatukan Alumni SMPN 2 dalam satu wadah yang bernama IKA Alumni SMPN 2,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dibentuknya IKA Alumni SMPN 2 dimaksudkan untuk membangun suatu organisasi alumni yang mampu menjalankan program-program yang bermanfaat bagi para alumni maupun bagi almamater tempat di mana alumni pernah ber-SMP dulu.

“Serta dapat mendayagunakan potensi alumni bagi kemajuan almamater. Sehingga IKA Alumni dapat berperan juga bagi peningkatan karir alumni masing-masing dan juga dapat membentuk dan menguatkan jaringan alumni SMPN 2 Pontianak,” terangnya.

IKA Alumni SMPN 2 terbentuk melalui musyawarah besar (mubes) yang baru saja digelar. Di dalam mubes, para alumni ini juga menyusun visi, misi dan program kedepan.

Hadi mengungkapkan, untuk mencapai program prioritas yang telah disusun, IKA Alumni akan melakukan di antaranya pembuatan website sebagai media interaksi bagi alumni di seluruh angkatan.

“Selain itu, fungsi dari website tersebut juga berfungsi sebagai database alumni di setiap angkatan,” jelasnya.

IKA Alumni juga akan memberikan penghargaan kepada siswa dan siswi yang berprestasi. Selain itu, mengadakan sosialisasi tentang penyalahgunaan narkotika bagi siswa.

“Dan keempat, pembuatan sekretariat IKA di sekolah, sebagai lokasi pusat kegiatan operasional IKA di lingkungan SMP Negeri 2 Pontianak,” katanya.

Ketua Harian IKA Alumni SMPN 2, Renny Trianita Ishiwara menambahkan, mubes yang diadakan ini merupakan musyawarah yang pertamakali diadakan.

“Jadi dari kedua kegiatan itu (reuni dan mubes), akhir dari kegiatan adalah acara pelantikan pada hari ini (red, Sabtu) sekaligus tasyakuran panitia Reuni Akbar dan Mubes I,” ujarnya.

“Yang kita hadir di sini dari angkatan tahun 1958 perwakilan angkatan, sampai tahun 2017,” terang Renny.

Di tempat yang sama, berkesempatan hadir Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Pontianak, Yudi Herdiana. Ia menyambut baik kegiatan yang diadakan pada alumni.

“Satu kata saja, luar biasa. Saya merasa bahwa kebersamaan mereka ini tentu sekali lagi tidak terlepas dari doa dan keikhlasan orang tua, bapak dan ibu guru dulu yang mendidik mereka (alumni), sehingga hati mereka selalu terikat dengan almamaternya,” ujarnya.

Ia menilai, dibentuknya ikatan alumni ini akan menjadi contoh positif bagi siswa SMP Negeri 2 Pontianak. Di mana meski sudah terpisah lama dari satu sekolah, rasa kekeluargaan dan kebersamaan itu terus terjalin dengan baik melalui ikatan alumni.

“Itu sudah menjadi model, contoh bagi adik-adik kelasnya, bahwa kepedulian dan kebersamaan itu penting. Dengan berbagai macam profesi dan latarbelakang, para alumni ini bisa kompak, bisa bersama, bisa satu cita-cita, itu karena ikatan hatinya dengan almamaternya untuk memajukan sekolah ini,” pungkas Yudi. (qrf)