Kanwil DJPb Kalbar Jadi Nominasi Penilaian Kemenkeu

oleh -1.655 views
Foto bersama tim penilai, Pemprov Kalbar dan DJPb Provinsi Kalbar, saat dilakukan penilaian.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalbar ditetapkan sebagai salah satu dari kandidat kantor wilayah terbaik Kementerian Keuangan Tahun 2018, Kamis (26/4/2018).

Kandidat lainnya, yakni Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur ll, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Bali, NTT, dan NTB, serta Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau.

Penilaian kantor wilayah terbaik Kementerian Keuangan merupakan agenda strategis yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dalam rangka mendorong peningkatan kuaiitas pelayanan dan kinerja Kanwil di lingkungan Kementerian Keuangan.

Selain itu, hasil penilaian tersebut juga diharapkan dapat menguatkan implementasi program reformasi birokrasi yang telah berjalan di lingkungan Kementerian Keuangan.

Untuk tahun 2018, penilaian awal dilakukan di Pontianak oleh Tim Penilai Kementerian Keuangan yang terdiri dari Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, selaku Ketua Tim, yang didampingi oleh Inspektur VI Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dan Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Penilaian tersebut juga meliputi peninjauan terhadap KPPN Pontianak dan KPPN Singkawang untuk memperkuat hasil penilaian pada Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalbar.

Dengan mengusung Motto Kanwil “Membangun Negeri dari Perbatasan”, di hadapan Tim Penilai Kementerian Keuangan, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalbar mempresentasikan hasil kinerja dan pelayanan yang telah dilaksanakan, penguatan peran pembinaan kepada KPPN maupun stakeholders, implementasi inovasi dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan, prestasi dan penghargaan yang telah diraih, kontribusi terhadap pembangunan regional Kalbar serta program Nawacita Presiden Joko Widodo, termasuk sinergi serta kontribusi sosial dan kemasyarakatan.

Dukungan seluruh insan perbendaharaan di lingkungan Kanwil DJPb Kalbar untuk mewujudkan visi menjadi “Pengelola Perbendaharaan Negara yang Unggul di Tingkat Regional”, serta semangat para pejabat dan pegawai yang digelorakan melalui Yel-Yel “Gagas, Gagas, Gagas !”, siap menjadikan Kanwil DJPb Kalbar meraih predikat Kanwil Terbaik Kementerian Keuangan Tahun 2018.

Sekda Kalbar M Zeet Hamdy Assovie mengatakan, kehadiran Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalbar dan KPPN-KPPN merupakan hal yang sangat vital bagi kami, baik Pemprov maupun Pemerintah Kabupaten/Kota, bahkan hingga Desa yang telah bersinergi untuk bekerja bersama membangun Kalbar.

“Kanwil dan KPPN selalu mengedepankan pelayanan yang prima, membantu kami dalam setiap proses pengelolaan Keuangan Negara, mendukung kami untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan Keuangan Negara yang Iebih baik,” kata Zeet saat menberikan sambutan kepada Tim Penilai Kanwil Terbaik Kemenkeu RI di Ditjen Kanwil DJPb Kalbar, Kamis (26/4/2018).

Sekda Kalbar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalbar yang telah dengan sepenuh nati melayani, memberikan pendampingan, serta menggandeng kami untuk bersama-sama mengelola APBN ini, untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat Kalimaman Balat.

“Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalbar dan seIuruh KPPN yang berada di wilayah kalbar merupakan contoh yang sangat baik dalam penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas KKN. Pelayanan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalbar dan KPPN selalu mengedepankan pelayanan terbaik, memberikan solusi bagi kami selaku mitra kerja, serta memastikan layanan yang bebas dari biaya (zero cost), cepat, hepat, dan transparan,” terangnya.

“Konsistensi dan penyempuraan secara berkelanjutan oleh Kanwil dan seIuruh KPPN akan mewujudkan good governance dan clean government.  Semangat posilif yang dihadirkan Kanwil DJPb Kalbar serta KPPN di Bumi Khatulistiwa ini telah memberikan kontribusi yang sangat baik terhadap pembangunan di wilayah Kalbar. Apa yang telah dilakukan mitra kerja strategis kami ini, perlu menjadi acuan bagi seIuruh kantor-kantor pemerintahan dan kantor-kantor layanan lainnya yang ada di wilayah ,” jelasnya.

Dijelaskannya, tahun lalu kami telah memberikan penghargaan kepada Kanwil atas keseriusannya untuk menciptakan kantor yang ramah lingkungan dan mengedepankan prinsip Go Green.

“Kami menilai hal ini merupakan hal yang sangat bagus dan patut dicontoh oleh unit-unit ketja lainnya di Kalbar. Kami sangat mendukung dan berbahagia atas terpilihnya Kanwil DJPb Kalbar sebagai kandidat Kanwil Terbaik Kementerian Keuangan Tahun 2018. Prestasi yang akan diraih oleh Kanwil akan mengharumkan nama Provinsi Kalbar,” pujinya. (*/qrf)