Timsel Baru Terima 4 Formulir Calon Anggota KPU Pontianak dan 2 di Mempawah

oleh -1.616 views
Tiga dari lima tim seleksi calon anggota KPU Pontianak dan Mempawah. Ketua Timsel, Sukardi (tengah) memberikan keterangan pers kepada awak media di Sekretariat Timsel di Kantor KPU Kalbar, Pontianak, Senin (24/9/2018).

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Pembukaan pendaftaran calon anggota KPU Kota Pontianak dan Kabupaten Mempawah telah dibuka sejak 19 September lalu, dan ditutup pada 27 September mendatang.

Ketua tim seleksi (timsel) calon anggota KPU Pontianak dan Mempawah, Sukardi menyebutkan, untuk Pontianak ada 4 pendaftar yang telah menyerahkan formulit pendaftaran. Sedangkan Mempawah ada 2 pendaftar.

“Yang sudah mengambil formulir ini sudah lumayan banyak ini. Dari Kota Pontianak lebih kurang sudah 21 calon yang sudah mengambil formulir. Hanyakan ada beberapa syarat yang mereka harus penuhi dulu, baru menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan itu. Sementara untuk calon anggota KPU Kabupaten Mempawah itu kalau tidak salah didaftar itu baru 6 orang,” ujarnya kepada awak media di Sekretariat Timsel di Kantor KPU Kalbar, Pontianak, Senin (24/9/2018).

Penyerahan formulir pendaftaran ditutup pada pukul 00.00 WIB, Kamis (27/9/2018). Timsel akan mengumumkan hasil penelitian administrasi calon anggota KPU dua daerah tersebut pada 4-8 Oktober.

Baca juga: Ingin Hasilkan Calon Anggota KPU yang Kredibel, Timsel Minta Publik Berikan Tanggapan

Berdasarkan ketentuan, jumlah calon anggota KPU yang lolos penelitian administrasi minimal 40 pendaftar. Apabila tidak memenuhi, maka timsel kembali membuka pendaftaran.

“Kalau misalnya ada calon di kabupaten/kota yang tidak memenuhi jumlah minimal pendaftar, maka tentunya kita akan memperpanjang seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya. Tapi kami sangat berharap, makanya ini kita sengaja mengundang teman-teman media agar informasi ini tersampaikan, sehingga tidak perlu diperpanjang lagi. Kita berharap jumlah pendaftarnya itu memang betul-betul sudah memenuhi angka minimal atau lebih banyak,” ķata Sukardi.

Ia mengatakan, setelah jumlah minimal pendaftar yang lolos penelitian administrasi terpenuhi, maka dilanjutkan ke tahapan tes tertulis dengan metode computer assisted test atau CAT pada 9-10 Oktober.

“Sesudah CAT itu kita umumkan siapa yang masuk tujuh kali jumlah kebutuhan (yakni) 35 (calon). Kemudian ikut tes berikutnya. Ada psikololi, kemudian ada kesehatan, ada wawancara,” sebutnya.

“Kemudian yang terakhir timsel itu dia prosesnya seleksi wawancara. Kita akan memilih 10 besar untuk kami serahkan ke KPU di Jakarta. Untuk Kabupaten Mempawah 10, Kota Pontianak juga 10,” tutup Sukardi.

Tes tertulis CAT sekaligus pengumuman hasilnya pada 9-10 Oktober. Tes psikologi pada 11-15 Oktober, pengumumam hasil tes pada 17-19 Oktober.

Tes kesehatan 22-26 Oktober, tes wawancara pada 29 Oktober-2 November. Hasil dua tahapan tes ini akan diumumkan pada 6-8 November 2018. (qrf)