Para Tokoh Agama di Kalbar Serukan Pilkada Damai

oleh -1.673 views
Konferensi pers para tokoh agama Kalbar menyikapi Pilkada serentak 2018.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Sejumlah tokoh agama di Kalimantan Barat menyerukan kepada seluruh komponen masyarakat, untuk bersama-sama menjaga Pilkada serentak 2018 di Kalbar agar berjalan sukses.

Pada konferensi pers di Kantor FKUB Kalbar, Pontianak, Jumat (23/6/2018), yang dihadiri perwakilan MUI, KWI, PGI, Walubi, PHDI, dan Matakin, para tokoh agama menyatakan sikapnya.

“Dalam rangka mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah di Kalimantan Barat yang jujur, adil, dan damai, tokoh-tokoh agama di Kalimantan Barat dengan penuh rasa tanggung jawab menyatakan sikap,” ujar Ketua FKUB Kalbar, Ismail Ruslan.

Ada enam pernyataan sikap yang dinyatakan oleh para tokoh agama tersebut. Pertama, memegang teguh Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Kedua, menjunjung tinggi etika politik yang bersumber dari nilai-nilai agama, budaya yang telah lama tumbuh dalam kehidupan masyarakat Kalbar.

“Ketiga, menyeru kepada masyarakat Kalimantan Barat untuk menciptakan suasana aman dan damai dalam pelaksanaan Pilkada di Kalimantan Barat,” kata Ismail.

Selanjutnya, para tokoh agama ini juga meminta segenap komponen masyarakat untuk saling menghargai, menghormati, dan memuliakan sesama masyarakat Kalimantan Barat.

Dan yang terakhir, meminta berbagai pihak untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah, kepolisian, dan TNI dalam upaya pencegahan dan penanganan persoalan yang muncul di masyarakat.

“Yang terkait dengan hubungan antar umat beragama dan Pilkada Kalbar tahun 2018,” pungkas Ismail.

Dalam konferensi pers tersebut, MUI dihadiri Sekretaris MUI Kalbar Zulkifli, Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Ignatius Liong, Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Pdt Filomen Adi Sukardi, Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Pandita Rolink Kurniadi Darmara, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pandita Putu Dupa Bandem, dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Sutadi. (qrf)