Beduk Raksasa Meriahkan Ramadan Fair Singkawang

oleh -2.470 views

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Selain dihiasi dengan ribuan ketupat, kehadiran dua buah beduk yang di pajang di depan Masjid Raya Singkawang tentunya dapat menambah kemeriahan event Singkawang Ramadhan Fair.

Koordinator pembuatan salah satu beduk, Dido Sanjaya mengatakan, beduk yang berukuran 40×4 meter yang dibuatnya itu hanya membutuhkan waktu selama dua mingguan.

Dalam pembuatannya, dia mengajak rekan-rekannya secara swadaya.

“Sedangkan bahannya kita menggunakan Multiplek dan triplek. Dimana beduk itu nantinya akan dihias dengan lampu pelita yang dibawahnya akan di kelilingi dengan pagar dan ketupat,” ujar Dido, Rabu (23/5/2018).

Dia pun menargetkan pada pertengahan bulan Ramadhan akan selesai sehingga beduk yang dipajang akan kelihatan lebih indah yang dilatarbelakangi Masjid Raya Singkawang.

Legislator dari Partai Gerindra ini menegaskan, jika pembuatan beduk sama sekali tidak menggunakan anggaran pemerintah.

Menurutnya, beduk dan ketupat memang sangat identik untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Dimana saat mau takbiran sudah pasti kita akan memukul beduk, sedangkan dihari lebaran sudah pasti kita akan makan ketupat.

“Dari kedua ciri khas itu maka kita ambillah ikon beduk,” jelasnya.

Diapun tak memungkiri jika dalam proses pembuatan beduk sudah pasti akan mengalami hambatan. Terutama mengenai anggaran.

“Alhamdulillah berkat dukungan kawan-kawan, akhirnya sedikit demi sedikit beduk pun bisa terealisasi,” katanya.

Dikatakan dia, bahwa ide untuk membuat beduk sudah ada sebelum adanya gagasan event Singkawang Ramadhan Fair dari Pemkot.

“Bahkan bukan hanya satu beduk saja yang mau kita buat, tapi juga 48 buah beduk dengan ukuran yang kecil-kecil untuk di pajang di sekitar Masjid Raya Singkawang,” ujarnya.

Namun, dikarenakan keterbatasan anggaran, akhirnya disepakati satu beduk saja dengan ukuran yang besar.(mizar)