Hari Berkabung Daerah, Semua Pihak di Kalbar Diminta Kibarkan Bendera Setengah Tiang

oleh -1.956 views
Ilustrasi.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji menginstruksikan melalui Karo Humpro Setda Kalbar Syarif Yusniarsyah, agar seluruh elemen masyarakat dan jajaran pemerintahan di Kalbar untuk mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang pada Kamis (28/6/2018).

Yusniarsyah mengatakan, pemasangan bendera setengah tiang ini dimaksudkan untuk menghormati dan memberikan penghargaan terhadap pengorbanan serta melestarikan nilai-nilai perjuangan para tokoh dan rakyat Kalimantan Barat pada masa pendudukan fasisme Jepang.

“Dalam rangka menghormati dan memberikan penghargaan terhadap pengorbanan serta melestarikan nilai-nilai perjuangan para tokoh dan rakyat Kalimantan Barat pada masa pendudukan fasisme Jepang. Telah ditetapkan setiap tanggal 28 Juni, sebagai Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat,” ujarnya melalui rilis yang disampaikan kepada Kilas Kalbar di Pontianak, Jumat (22/6/2018).

Ia menjelaskan, instruksi ini tertuang dalam Surat Edaran Pj Gubernur Kalbar Nomor: 460/609/DS/VI/2018 tentang Hari Berkabung Daerah.

“Ini juga sesuai Instruksi Gubernur Kalimantan Barat Nomor 1 Tahun 2006 serta berdasarkan Perda Nomor 5 tahun 2007 dan Peraturan Gubernur Nomor: 60 Tahun 2013 tentang Pedoman Tata Upacara Hari Berkabung Daerah, diwajibkan untuk mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang selama satu hari penuh,” terang Yusniarsyah.

Pada 28 Juni mendatang, imbauan untuk mengibarkan bendera setengah tiang dimulai pukul 06.00-18.00 WIB.

“Saya berharap hal ini dapat dilaksanakan,” tutup dia. (*/qrf)