Jalan Penghubung Antar Kabupaten di Sanggau Terancam Putus Akibat Longsor

oleh -2.117 views
Longsor di ruas jalan penghubung antar kabupaten di KM 259, ruas jalan Tanjung-Sanggau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat

SANGGAU, KILASKALBAR.com – Ruas jalan penghubung antar kabupaten di KM 259, ruas jalan Tanjung-Sanggau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat terancam terputus akibat longsor.

Longsor yang terjadi sejak tiga bulan yang lalu itu, saat ini sudah hampir memakan sepertiga dari lebar jalan. 

Untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan, disekitar longsoran itupun diberi tanda seadanya berupa drum dan pita berwarna kuning. 

Jalur yang longsor tersebut merupakan jalan nasional yang menjadi poros tengah penghubung yang menghubungkan lima kabupaten di Kalimantan Barat, yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupateb Melawi, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Longsor di ruas jalan penghubung antar kabupaten di KM 259, ruas jalan Tanjung-Sanggau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat

Salah satu warga Sanggau, Novasari saat dihubungi mengatakan kondisi jalan tersebut semakin hari semakin parah dan memprihatinkan. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu akibat tergerus air hujan.

Warga pun harus berhati-hati saat melewati jalur tersebut karena terjadi penyempitan akibat longsor.

“Kami harus berhati-hati melewati jalan itu, terutama saat berpapasan dengan kendaraan,” ujar Novasari, Senin (21/5/2018). 

“Karena longsor sudah hampir menutupi sepertiga lebar jalan dan semakin hari semakin parah akibat hujan yang terus menerus turun,” tambahnya.

Novasari menambahkan, bagian yang longsor tersebut langsung mengarah ke sungai yang cukup dalam. Sehingga warga berharap jalan tersebut segera diperbaiki agar tak menimbulkan korban jiwa.

Sebab, menurut Novasari, jalan tersebut adalah jalur satu-satunya yang menghubungkan lima kabupaten.

“Jadi bisa dibayangkan kalau jalan ini putus, akses antar kabupaten menjadi terhambat,” ujarnya.

Longsor di ruas jalan penghubung antar kabupaten di KM 259, ruas jalan Tanjung-Sanggau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat

Pengawas Lapangan Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Kalimantan Barat, Ridwan membenarkan kondisi jalan yang longsor tersebut.

Menurut Ridwan, jalan yang longsor tersebut terjadi sejak tiga bulan yang lalu akibat tergerus air hujan yang semakin hari kondisinya semakin parah.

Jalan yang longsor tersebut, ungkap Ridwan, panjangnya sekitar 10 meter dengan kedalaman sekitar 16 meter yang langsung mengarah ke sungai.

“Apalagi saat ini hampir setiap hari selalu turun hujan sehingga dikhawatirkan semakin memburuk apabila tidak segera ditindaklanjuti,” ujarnya. (Noy)