Diklat Pencak Silat Pagar Nusa, Sukiryanto: Manfaatkan Bela Diri untuk Hal Positif

oleh -2.009 views

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Wakil Ketua PWNU Kalbar, Sukiryanto menghadiri penutupan Diklat Pasukan Inti Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kalbar, Senin (21/1).

Dalam kegiatan yang telah berlangsung sejak tanggal 19 Januari kemarin ini, Sukiryanto sebagai pembina PW pagar Nusa Kalbar berpesan agar keahlian bela diri dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif.

“Sebagai anak muda yang merupakan generasi masa depan dari bangsa i
Indonesia harus selalu berperan untuk kemajuan bangsa dari aspek manapun sesuai dengan keahlian,” katanya.

Diklat Pagar Nusa sendiri diikuti perwakilan dari pendekar-pendekar Pagar Nusa yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Kalbar. Diklat itu kata Sukiryanto bertujuan untuk meningkatkan kualitas baik fisik maupun keahlian bela diri.

“Diharapkan kegiatan-kegiatan Diklat ini bisa dilakukan di setiap cabang di kabupaten/kota, agar bakat-bakat bela diri bisa makin terasah, dan Pagar Nusa sebagai wadah bisa selalu membimbing dan mengarahkan ke arah yang positif,” papar Sukiryanto.

Sukiryanto juga berpesan tentang kesuksesan. Bahwa sukses itu selain dari ketrampilan, ada faktor yang lebih penting yaitu kemauan atau keinginan untuk sukses dan belajar.

“Bercerita sedikit jauh sebelum sukses menjadi pengusaha properti, saya memulai usaha dari mendirikan sedot wc sampai ke toko bangunan dan dasar pendidikan adalah guru agama,” cerita Sukir di hadapan para pendekar Pagar Nusa.

Tapi berkat kemauan dan terus belajar, ujar Sukir, sekarang dia bisa sukses dalam bidang usaha properti tersebut.

“Tetapi di luar dari itu semua, yang terpenting adalah kita mampu menjadi orang yang bermanfaat untuk keluarga kita pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” tandas Sukiryanto yang juga Ketua IKBM Kalbar ini. (*)

Diklat Pagar Nusa