Keluarga Penerima Manfaat Program PKH Diajak Bijak Mengelola Ekonomi

oleh -1.303 views
Sosialisasi bijak mengelola ekonomi keluarga.

SAMBAS, KILASKALBAR.com – Sebanyak 25 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) desa Sungai Kumpai mengikuti Famili Development Sesion pada Kamis (16/8/2018) di Dusun Semayong, Desa Sungai Kumpai, Kabupaten Sambas.

Pertemuan yang merupakan agenda rutin setiap bulannya dalam memberikan sosialisasi sangat antusias diikuti KPM PKH.

Asman selaku pendamping PKH Kecamatan Teluk Keramat mengatakan, pertemuan kali ini mengusung materi pengelolaan ekonomi keluarga dengan tema “Menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran”.

“Kita berharap agar ibu-ibu KPM lebih bijak mengelola ekonomi supaya mampu mendongkrak ekonomi KPM maupun masyarakat,” ujar Asman yang juga warga desa Sungai Kumpai.

Dia menambahkan, bahwa pertemuan kali ini juga melibatkan kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Desa Sungai Kumpai guna memgedukasi masyarakat agar menerapkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

“Kaloborasi yang sangat strategis yangmana materi terkait ekonomi dan diselaraskan dengan pemanfaatan pekarang rumah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Adol selaku KPMD Desa Sungai Kumpai juga mengatakan bahwa masyarakat harus bisa membaca peluang untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

“Dimulai dari kelompok PKH kemudian akan kita lanjut dengan kelompok masyarakat,” terangnya.

Menurutnya jika nanti KPRL sudah berjalan dengan lancar maka dia yakin bahwa masyarakat akan lebih mandiri.

“Harapannya nanti masyarakat bisa akan mudah memasarkan hasil tanaman lewat Warung Pintar yang ada di Desa Sungai Kumpai atau paling tidak masyarakat lebih mandiri tanpa perlu mengeluarkan kocek untuk belanja kebutuhan sehari-hari karena bisa mengambil di pekarangan rumah semdiri,” tutup Adul yang juga Ketua Karang Taruna Tunas Harapan Bersama Desa Sungai Kumpai ini. (*)