Soal Namanya Masuk Timses Capres, Sukiryanto Pilih Taat Aturan Pencalonan DPD

oleh -1.422 views

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Nama calon anggota DPD RI dapil Kalbar, Sukiryanto santer terdengar menjadi salah satu tim kampanye calon presiden dan wakil presiden, Jokowi-Ma’ruf Amin di Kalbar.

Ini diketahui berdasarkan surat struktur tim yang beredar luas di media sosial. Di dalam surat itu, sejumlah nama kepala daerah dan tokoh parpol dan non parpol, termasuk Sukiryanto tercatat sebagai tim pemenangan.

Menanggapi hal tersebut, Sukiryanto justru mengaku tidak mengetahuinya. Pasalnya dia tidak pernah sekali pun dikonfirmasi terkait permasalahan ini.

“Mengenai saya dimasukan tim kampanye Jokowi tidak ada konfirmasi dengan saya itu yang pertama, dan kedua memang calon DPD tidak boleh menjadi timses, saya bukan menolak tapi memang tidak boleh,” ujarnya, kemarin.

Seharusnya, lanjut Ketua IKBM ini, memang harus ada konfirmasi kepadanya terlebih dulu.

Dia pun menegaskan, tidak bersedia menjadi timses ataupun tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin di Kalbar, karena terikat dengan aturan.

Dia menyebutkan, jika menerima menjadi timses, sama saja melanggar aturan. Justru hal tersebut yang tak mau dilakukannySua karena bertentangan dengan aturan dalam pencalonan DPD.

“Kami mohon, dan minta maaf sebesar-besarnya, bukan menolak. Karena aturan KPU saya tidak bersedia, melalui media ini saya memohon dengan hormat, karena tidak boleh menjadi timses,” ungkapnya.

Selain itu, Sukiryanto juga siap membuat surat pengunduran diri dari timses, jika memang diperlukan oleh KPU.

“Jika surat pengunduran diri memang diperlukan oleh KPU, saya siap,” bebernya.

Wakil Ketua PWNU Kalbar ini juga menerangkan, jika dirinya akan lebih fokus kepada pencalonan dirinya pada DPD RI.

“Saya lebih fokus ke DPD karena saya juga sudah berjalan lama di DPD, intinya kalau KPU memerintahkan saya mengundurkan diri akan segera saya buat suratnya,” tutupnya. (*)