Seekor Orangutan di Sungai Kakap Berhasil Diselamatkan Tim WRU BKSDA Kalbar

oleh -1.629 views
Petugas resque BKSDA Provinsi Kalbar menyelamatkan orangutan tanpa pemilik di Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (17/5/2018).

KUBU RAYA, KILASKALBAR.com – Tim Wild Rescue Unit (WRU) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalbar berhasil menyelamatkan seorang orangutan, Kamis (17/5/2018).

Melalui rilisnya, Kepala BKSDA Provinsi Kalbar Sadtata Noor Adirahmanta mengatakan kegiatan penyelamatan oleh Tim WRU, menindaklanjuti laporan yang disampaikan pihak Polsek Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, melalui call center.

“Satwa berasal dari hasil patroli rutin yang dilakukan Polsek Sungai Kakap ketika berpatroli pukul 07.00 WIB tanggal 17 Mei 2018. Melihat adanya kerumunan warga di dekat jembatan dan didapati adanya satu individu orangutan yang dilepaskan tanpa ada sang pemilik. Orangutan tersebut langsung diamankan ke Polsek Sungai Kakap untuk menghindari terjadinya konflik satwa dan manusia,” ujarnya.

Mendapatkan laporan, sekitar pukul 10.00 WIB Tim WRU bersama dokter hewan BKSDA Kalbar menuju Polsek Sungai Kakap untuk melakukan pengecekan.

“Saat ini satwa berada di kandang transit Balai KSDA Kalbar untuk dilakukan pemeriksaan medis dari dokter hewan,” terang Sadtata.

“Selanjutnya sebagai upaya animal welfare, satwa tersebut akan dititiprawatkan ke Yayasan IAR Ketapang,” pungkasnya. (qrf)