HUT Ombudsman ke-6, Sutarmidji Ajak Semua Pihak Awasi Pelaksanaan Pemerintahannya

oleh -1.671 views
Sutarmidji bersama Kepala Onmmbudsman Perwakilan Kalbar, Agus Priyadi.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Gubernur Kalbar Sutarmidji mengajak peran dan partisipasi masyarakat untuk mengawasi pelaksanaan pemerintahan di bawah kepemimpinannya bersama Wagub Ria Norsan.

“Jika ada pelayanan publik di Provinsi ditemui adanya penyimpangan, masyarakat boleh lapor ke Ombudsman atau langsung dengan Gubernur,” tegas Sutarmidji ketika membuka kegiatan senam HUT Ombudsman ke-6 di Lapangan Mall Pontianak, Minggu (14/10/2018).

“Supaya kita mempunyai daya saing yang baik. Kota Pontianak berturut-turut selama dua tahun menjadi kota dengan  standar kepatuhan pelayanan publik terbaik seluruh Indonesia, di mana kepemimpinanya bersama wakilnya. Seluruh unit pelayanan publik di Kota Pontianak masuk di zona hijau dan skor terakhir sudah 98,36, hampir sempurna,” timpalnya.

Selain itu Pontianak menjadi kota perizinan tercepat, tata kelola ekonomi daerah terbaik, dan laboratorium inovasi  terbaik.

“Yang hendak mengurus surat di kelurahan paling lama satu surat 7 menit,” ucap Sutarmidji.

“Indeks persepsi korupsi Kota Pontianak terbaik kedua setelah Jakarta Utara  dengan skor 68. Ini sewaktu saya masih menjabat sebagai Walikota,” katanya.

Dengan prestasi yang diraih Pontianak, Sutarmidji ingin membawa Pemprov Kalbar ke hal yang serupa.

“Saya akan bawa dan terapkan di Provinsi, supaya layanan publik di Provinsi itu betul-betul terbuka, cepat dan transparan serta murah,” ujarnya.

“IPM Kalbar berada pada urutan 29, daya saing pasa urutan 28, infrastruktur  urutan 33 dari 34 Provinsi di Indonesia. Sekarang bersama-sama pemerintah daerah dan segenap masyarakat kita perbaiki. Syaratnya, cukup tranaparan, akuntabel. Kalau semua itu bisa dilakukan, saya yakin Kalbar kedepan  lebih maju dan baik dalam pelayanan publik,” terang dia.

Pemerintah Provinsi di bawah kepeminpinan Sutarmidji bersama Ria Norsan berkomitmen akan memperbaiki pelayanan publik di Kalbar. Tidak hanya pemerintahan daerah, instansi dan bersinergi dalam menuju perbaikan Kalbar yang lebih baik, maju dan terdepan.

Gubernur Sutarmidji memberikan apresiasi kepada Ombudsman perwakilan Kalbar di ulang tahun ke-6 ini. Ombudsman Perwakilan Kalbar memiliki tugas untuk dapat memastikan  tentang pelayanan publik itu dilaksanakan sesuai dengan ketentuan  yang ada.

“Ombudsman merupakan lembaga yang mencegah terjadinya penyelewengan kekuasaan dalam menjalankan kekuasaan tersebut,” kata Sutarmidji.

Sementara itu, Kepala Ombudsman Perwakilan Kalbar Agus Priyadi mengajak masyarakat Kalbar, apabila ada terjadi bermacam kasus di lemerintahan untuk tidak takut melaporkan ke pihaknya.

“Jangan takut lapor ke Ombudsman Perwakilan Kalbar. Jangan takut. Kalau pelapor takut, identitas pelapor akan dirahasiakan,” tutur dia. (*)