Bekerjasama dengan Kemenpora, Khatulistiwa Muda Kreatif Adakan Pendidikan Literasi di Mempawah

oleh -1.781 views
Peserta pendidikan literasi tengah mengikuti materi pelatihan menulis di Mempawah, Sabtu (12/5/2018).

MEMPAWAH, KILASKALBAR.com – Khatulistiwa Muda Kreatif menggelar Pelatihan Menulis Kreatif yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan bertajuk, Pendidikan Literasi Pemuda Kalimantan Barat.

Diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari siswa sekolah menengah atas, mahasiswa dan organisasi kepemudaan, kegiatan ini terlaksana atas dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, bertempat di Wisata Nusantara Kabupaten Mempawah, Sabtu (12/5/2018).

Kegiatan yang dihelat selama sehari tersebut didasarkan pada harapan untuk menggali dan meningkatkan kompetensi menulis para pemuda di Kabupaten Mempawah. Kemampuan menulis yang baik diharapkan dapat dimanfaatkan salah satunya untuk mempromosikan potensi daerahnya di media online maupun media sosial.

Staf ahli Deputi pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Ahmad Wari, yang hadir pada acara pembukaan menyampaikan harapan untuk terciptanya komunitas menulis di Kabupaten Mempawah sebagai wadah menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

“Setiap orang pasti memiliki ide kreatif, namun masalah utama untuk menulis (kreatif) yakni belum mampu mendeskripsikan sebuah ide yang di dalam bentuk tulisan yang sistematis,” ungkapnya di hadapan para undangan dan peserta

Menurutnya, kemampuan menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan perlu dilatih dan diberikan bekal secara teoritis tentang kiat-kiat menulis agar ide yang dimiliki juga dapat dinikmati oleh pembaca.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh Pemda setempat maupun masyarakat di Kabupaten Mempawah. Hal ini tergambar dengan turut hadirnya Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Nanik Sawitri dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mempawah Rajuini, dalam acara pembukaan.

“Banyak potensi yang dimiliki Kabupaten Mempawah. Sektor pariwisata, ekonomi, dan tradisi masyarakat adalah objek yang bisa menjadi inspirasi tulisan dan bisa dikabarkan ke dunia luar,” ucap Nanik saat menyampaikan sambutan mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten mempawah yang berhalangan hadir pada kesempatan tersebut.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mempawah, Rajuini mengharapkan, kegiatan menulis kreatif ini dapat memberikan dampak yang berkesinambungan.

Menurutnya, pemuda di Kabupaten Mempawah sangat membutuhkan banyak kegiatan positif untuk mengisi keseharian.

“Harapan kami pasca kegiatan ini dapat dilakukan komunikasi intensif sesama pemuda terutama peserta pelatihan guna membahas berbagai program dan mengasah kembali ilmu yang telah di dapat, caranya usai kegiatan berlangsung hendaknya dilakukan pertemuan rutin baik yang dibimbing langsung oleh tim pelatih maupun atas inisiatif para anggota komunitas,” kata dia.

Pemateri kegiatan ini adalah Pemimpin Redaksi Pontianak Post, Heriyanto dan penulis yang telah menghasilkan beberapa karya buku, Abdul Hamid. Selama sehari keduanya secara bergantian memberikan bimbingan kepada peserta mulai dari teknis menggali informasi, menuangkan ide dan beberapa teknis dasar dalam menulis kreatif.

Di samping itu, kegiatan ini sebagian besar dilaksanakan menggunakan metode praktik. Peserta diminta untuk membuat tulisan pendek tentang berbagai hal yang dipikirkan oleh peserta baik dalam bentuk berita maupun narasi lainnya seperti feature dan opini.

Kemudian, pelatih mengajak peserta membahas bersama tulisan dimaksud guna dilakukan perbaikan terkait hal-hal yang dirasa belum maksimal.

Guna mewadahi anggota pelatihan agar tetap konsisten menulis, maka Khatulistiwa Muda Kreatif telah menyediakan portal website domain : www.mempawahonline.id dan www.khatulistiwamuda.or.id. Langkah awal lembaga penyelenggara bersama para instruktur akan memberikan dampingan dalam mengisi rubrik portal tersebut sampai pada akhirnya dapat berjalan mandiri. (*/qrf)