Tingkatkan Kesiapsiagaan, Lantamal XII Pontianak Gelar Pelatihan Pelatihan Komunikasi

oleh
Pelatihan Komunikasi Sosial dan Komunikasi Tahap I yang digelar Lantamal XII

PONTIANAK, KILASKALBAR.com -Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak Laksamana Pertama (Laksma) TNI Gregorius Agung diwakili Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi memimpin Pembukaan Pelatihan Komunikasi Sosial (Komsos) dan Pelatihan Komunikasi Tahap I di Gedung Malahayati, Mako Lantamal XII Pontianak Jalan Komyos Sudarso, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (11/4/2018).

Dalam sambutannya Aspotmar Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi menyampaikan, tujuan pelatihan komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam melaksanakan suatu rencana operasi.

Keberhasilan suatu operasi, sebut Budi, tergantung dari koordinasi dan komunikasi yang baik antara satu dengan yang lain.

“Di dalam organisasi TNI Angkatan Laut, Satuan Komunikasi mempunyai tugas pokok melaksanakan dukungan komunikasi baik untuk kepentingan operasi maupun administrasi antara komando tingkat atas dengan komando tingkat bawah,” ujar Budi, Rabu (11/4/2018)

Latihan komunikasi tahap I dan komsos ini diselenggarakan agar personil pengawal Alkom khususnya yang berdinas di Posal, Posmat, KAL dan Patkamla dapat terjaga dan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penugasan di lingkungan kerjanya.

“Maksud dan tujuan pelatihan ini agar dalam mengemban tugasnya komsos lebih ke arah OMSP (Operasi Militer Selain Perang), yang lebih vital kepada operasi militer perang, pada saat damai pun komunikasi yang sudah ditentukan prosedur dan cara lain pun harus dikuasai,” ungkap Budi.

Oleh karena itu, sambung Budi, seluruh anggota dilatih untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

Teknik komunikasi kepada masyarakat dan pendekatan ke potensi-potensi tertentu yang ada di sekitar wilayah kerjanya, khususnya potensi sumber daya manusianya maupun sumber daya alam dan sumber daya buatan.

“Komunikasi sosial juga perlu seni dan teknik berkomunikasi yang baik karena audien sekitar kita sangat bervariasi dari latar belakang ekonomi dan pendidikan,” katanya.

Pelatihan komsos dapat memberikan komunikasi bagi masyarakat sekitar untuk mengarahkan dan menyampaikan fungsi dan tugas TNI AL.

Pelaksanaan pelatihan komunikasi tahap I dan komunikasi sosial ini dilaksanakan selama 4 hari baik teori maupun praktek di masyarakat.

Turut hadir pada acara tersebut Kadispotmar Lantamal XII Letkol Laut (KH) Drs. Mulyono, Ka. Kuwil Letkol Laut (S) Mufidin, S.T., Paban Ops Sops Letkol Laut (P) M. Yunianto SE., M.Tr (Han)., Kasatkom Letkol Laut (P) Gurtom Fartianto, S. E., Kasubdis Dayaguna Dispotmar Mayor Laut (P) Asep Haerussoleh, Kasi Opskom Mayor Laut (P) Bambang Sugeng dan para Perwira, Bintara dan Tamtama Lantamal XII.

(Dispen Lantamal XII/*/Noy)