PJ Gubernur Resmikan Launching Samsat Home Service

oleh -1.954 views
Pj Gubernur Dodi Riyadmadji, memakaikan rompi ke petugas pelayanan pajak, di acara launching Samsat Home Service di Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (11/5/2018).

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Povinsi Kalbar, melaunching Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Home Service. Launching Samsat Home Service, diresmikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji, di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Jumat (11/5/2018) siang.

Samsat Home Service merupakan inovasi terbaru dari BPKPD Provinsi Kalbar, di mana masyarakat wajib pajak bisa melakukan pembayaran pajak di rumah. Inovasi ini merupakan kerjasama BPKPD Kalbar dengan Polda, PT Jasa Raharja, dan Bank Kalbar.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji, mengapresiasi terobosan baru dari BPKPD Kalbar tersebut. Menurut dia, dalam melaksanakan pelayanan publik, sefah seharusnya penyelenggara pelayanan berkewajiban untuk menyediakan sarana dan prasarana serta fasilitas bagi pengguna layanan.

“Sehingga tercipta pelayanan prima kepada masyarakat wajib pajak,” ujarnya.

Semakin mudahnya pelayanan wajib pajak, otomatis akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari wajib pajak itu sendiri. Dodi mengatakan, PAD yang optimal ini akan berdampak besar pula pada mandirinya daerah membiayai pembangunan daerah.

“Oleh karena itu, optimalisasi pendapat daerah memiliki makna sangat penting di tengah upaya kita untuk terus meningkatkan kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap pendapatan daerah sebagai indikator kemandirian keuangan daerah,” terangnya.

Dodi berharap, Samsat Home Service bisa berjalan dengan baik kedepannya. Ia juga meminta organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya untuk juga melakukan berbagai terobosan baru dalam meningkatkan pelayanan publik.

“Inovasi haruslah terus berjalan agar selalu tumbuh dan berkembang dalam rangka mempermudah sistem birokrasi menjadi cepat, efektif, efisien, mudah dan murah,” harapnya.

“Saya menginginkan setiap pegawai di lingkungan Provinsi bekerja penuh inovasi. Jika ingin maju, perbanyaklah menjalin keharmonisan dengan stakeholders. Karena keberhasilan tujuan kita, tidak akan terlepas dari peran serta dari dukungan stakeholders itu sendiri,” imbuhnya.

Selain Samsat Home Service, BPKPD Kalbar juga melaunching Samsat Smart Service. Ini merupakan sistem informasi berbasis aplikasi di smartphone yang sudah bisa diunduh di Playstore.

Kegiatan tersebutlah, dihadiri seluruh OPD di lingkungan Pemprov Kalbar, Polda Kalbar, PT Jasa Raharja dan Bank Kalbar. (qrf)