Dengan Samsat Home Service, Kini Pembayaran Pajak Kendaraan Bisa di Rumah

oleh -2.231 views
Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji, didamping Kepala BKPD Kalbar Samuel (kiri), melaunching kendaraan Samsat Home Service yang akan digunakan petugas untuk melakukan penagihan wajib pajak kendaraan bermotor.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Povinsi Kalbar, secara resmi melaunching Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Home Service. Launching Samsat Home Service, diresmikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji, di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Jumat (11/5/2018) siang.

Samsat Home Service merupakan inovasi terbaru dari BPKPD Provinsi Kalbar, di mana masyarakat wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak di rumah. Inovasi ini merupakan kerjasama BPKPD Kalbar dengan Polda, PT Jasa Raharja, dan Bank Kalbar.

Kepala BPKPD Provinsi Kalbar, Samuel mengatakan, selain menerima panggilan, petugas layanan wajib pajak juga akan mendatangi masyarakat yang menunggak membayar pajak.

“Untuk mengoptimalkan pajak kendaraan bermotor secara profesional, dengan mendatangi rumah wajib pajakbyang melakukan panggilan telepon, termasuk melakukan penagihan jika wajib pajak menunggak sehingga moto layanan ini berbunyi ‘Anda pesan kami datang, anda lupa kami jemput,’” ujarnya.

Baca juga: PJ Gubernur Resmikan Launching Samsat Home Service

Pelayanan Samsat Home Service telah diujicoba pada 3 Mei 2018 lalu. Masyarakat wajib pajak bisa menghubungi ke nomor 0561888777, untuk melakukan pembayaran wajib pajak kendaraan bermotor.

“Dengan jumlah penerimaan per 8 Mei 2018 sebanyak 32 segi atau setara dengan 26 juta (rupiah) lebih,” kata Samuel.

Selain Samsat Home Service, BPKPD juga melaunching Samsat Smart Service. Samuel menjelaskan, Samsat Smart Service merupakan aplikasi layanan bagi masyarakat untuk mengetahui informasi kendaraan bermotor yang dimilikinya.

“BPKPD Provinsi Kalimantan Barat juga menyediakan layanan informasi pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, dan nilai jual kendaraan bermotor berupa aplikasi Samsat Smart Service yang bisa didownload melalui aplikasi Google Playstore,” terangnya. (qrf)