Lantamal XII Latih Peraturan Baris Berbaris Untuk Anak SMA di Serasan

oleh
Suasana latihan peraturan baris berbaris di Kecamatan Serasan Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII melaksanakan pelatihan peraturan baris berbaris (PBB) di SMA Negeri 1,  Kecamatan Serasan Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (11/4/2018).

Kepala Dinas Penerangan Lantamal XII, Mayor Laut Irawan mengatakan, pelatihan yang diberikan tersebut dalam rangka melatih kedisiplinan generasi muda sejak dini.

Pelatihan dipimpin langsung oleh Komandan Posal Pulau Serasan Letda Laut (P) Supriyanto, beserta anggota Pos TNI AL Pulau Serasan.

“Selain pelatihan PBB, juga ada pelatihan tata upacara bendera,” ujar Irawan, Rabu malam.

Pemberian materi PBB tersebut, sambung Irawan, dilakukan dengan metode praktek langsung yang diikuti oleh 50 orang siswa-siswi SMA Negeri 1 Kecamatan Serasan Timur

“Materi yang diberikan yaitu materi gerakan dasar PBB yang meliputi sikap sempurna, sikap istirahat, lencang kanan, lencang depan, jalan ditempat, penghormatan, langkah biasa dan langkah tegap, ditambah dengan gerakan ditempat serta berjalan,” ujarnya.

Irawan menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan agar para siswa-siswi SMA Negeri 1 Kecamatan Serasan Timur dapat meningkatkan kekompakkan dengan kecepatan melakukan sesuai perintah pimpinan atau pemberi aba-aba.

Selain itu juga, diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan siswa-siswi serta menumbuhkan sikap disiplin di lingkungan sekolah.

“Sekaligus akan membentuk jiwa dan karakter sebagai seorang siswa sehingga diharapkan bisa diterapkan dalam menuntut ilmu di sekolah,” tuturnya.

Pelatihan itu, sebut Irawan, juga berguna untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas, dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu.

“Juga menanamkan rasa tanggung jawab yang pada akhirnya menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan serta ikatan batin pada setiap siswa-siswi SMA Negeri 1 Kecamatan Serasan Timur,” tutupnya.
(Dispen Lantamal XII/*/Noy)