Kota Singkawang Akan Tambah 10 Kamera CCTV

oleh
Kepala Diskominfo Kota Singkawang, Ahyadi

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang menambah kamera pengawas (CCTV) untuk di pasang di tiap-tiap persimpangan jalan dan pusat keramaian yang ada di Kota Singkawang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Singkawang, Ahyadi, Rabu (11/4/2018).

“Tahun ini akan ada penambahan CCTV sebanyak 10 unit. Penambahan ini akan kita fokuskan di setiap persimpangan jalan dan pusat keramaian,” kata Ahyadi, Rabu.

Saat ini, kata Ahyadi, sepuluh unit CCTV itu sedang dalam proses pengadaan dan mungkin dalam waktu dekat ini sudah bisa di pasang.

Untuk pemasangannya nanti, pihak Diskominfo akan berkoordinasi dengan Polres Singkawang dan Dinas Perhubungan.

“Karena secara fungsional yang banyak menggunakan CCTV ini adalah kedua instansi tersebut, sedangkan kita hanya sebagai pendukung fasilitas peralatan saja,” jelasnya.

Sebelumnya, Diskominfo juga sudah memasang sebanyak 8 unit CCTV. Sehingga dengan adanya tambahan 10 unit, maka secara total nantinya akan ada 18 unit yang terpasang di Singkawang.

“Delapan unit CCTV yang sudah terpasang kemarin saat ini sudah terkoneksi dengan Polres Singkawang. Seperti pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh kemarin, sudah bisa di pantau melalui CCTV,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Sumastro mengatakan untuk menjalankan fungsi CCTV tersebut, pihaknya membutuhkan perangkat yang bisa terkoneksi langsung ke alat kamera pengintai tersebut.

“Untuk layar monitor kami sudah punya, jadi tinggal perangkatnya saja,” kata Sumastro.

Perangkat lainnya seperti mikrofon, kata Sumastro, juga dibutuhkan. sehingga akan memudahkan pihaknya untuk menegur pengendara yang salah dalam berlalu lintas.

Karena, melalui CCTV yang terpasang juga akan memudahkan pihaknya untuk memantau rambu-rambu lalu lintas, PJU, Trafik Light, daerah rawan laka, dan lain sebagainya.

“Semua akan kita padukan terutama yang menyangkut dengan tupoksi di Perhubungan,” ujarnya. (*/mc.singkawang.go.id/Noy)