Jambore Posyandu Se-Kota Pontianak, Pemkot Dorong Semangat Kader

oleh
Pjs Wali Kota Pontianak Mahmudah berkeliling melihat stan jambore di PCC, Pontianak, Rabu (11/4/2018).

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Kader pos pelayanan terpadu atau posyandu adalah ujung tombak dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan. Hal itu dikatakan Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah saat membuka Jambore Posyandu se-Kota Pontianak di Pontianak Convention Center (PCC), Rabu (11/4/2018).

“Posyandu merupakan bagian dari peran aktif masyarakat dalam pembangunan kesehatan,” ujarnya.

Guna meningkatkan peran dan fungsi kader posyandu, kata Mahmudah, Pemkot Pontianak diantaranya memberikan bantuan operasional posyandu, meningkatkan kapasitas kader dengan pelatihan-pelatihan hingga studi banding ke daerah lain untuk pembelajaran manajemen posyandu. Selain itu, pembangunan dan rehabilitasi gedung posyandu permanen serta pembinaan langsung posyandu.

Melalui Jambore Kader Posyandu se-Kota Pontianak ini, Pemkot Pontianak berharap dapat mendorong semangat para kader tetap berjuang dan bekerja walaupun tidak mendapat profit.

“Namun mereka bekerja dengan iklas dan tulus melayani masyarakat sekitarnya,” ucap Mahmudah.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menjelaskan, Jambore Kader Posyandu ini digelar setiap tahun dalam rangka meningkatkan dan memberikam penyuluhan kepada para kader posyandu.

“Jambore Posyandu ini sebagai bentuk apresiasi kita kepada para kader posyandu sekaligus sebagai ajang silaturrahmi dan evaluasi dalam memberikan pelayanan kesehatan di posyandu,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Pontianak, tercatat 272 titik posyandu balita dan 40 titik posyandu lansia.

“Untuk setiap posyandu rata-rata terdiri dari lima sampai sepuluh orang kader,” tutup dia. (*/noy/qrf)