Unsur Maritim Pontianak Lakukan Operasi Gabungan di Wilayah Perairan Kalbar

oleh

PONTIANAK, KILASKALBAR.com –  Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak Bersama Polairud, dan unsur maritim Pontianak maksanakan operasi gabungan di wilayah perairan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Selasa (10/4/2018?.

Operasi gabungan ini melibatkan Lantamal XII Pontianak, Polairud Polda Kalbar, PSDKP KKU, PSDKP Ketapang, Ditjen Perikanan Tangkap yang diikuti 10 Personil gabungan.

Kepala Dinas Penerangan Lantamal XII, Mayor Laut Irawan menjelaskan, sebelum pelaksanaan operasi didahuli apel kelengkapan dan pengarahan dari kepala PSDKP Teluk Batang sebagai Kepala Tim Patroli.

“Maksud dan tujuan dilaksanakannya patroli gabungan ini, untuk mengantisipasi adanya tindak pidana di laut di bidang kemaritiman, serta untuk mengantisipasi khususnya tindak pidana bidang sumber daya alam dan perikanan,” ujar Irawan, Selasa sore.

Operasi ini dilakukan  menggunakan speed boat  Napoleon 03 Milik PSDKP Teluk Batang.

“Oprasi gabungan diberangkatkan dari Demaga TPI Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat,” katanya.

Operasi gabungan unsur maritim tersebut diharapkan berjalan secara periodik dan berkesinambungan dengan bergantian menggunakan alutsista kapal-kapal unsur maritim yang tergabung dalam sinergitas operasi gabungan TNI AL, Polairud, Unsur Maritim Pontianak jalur perairan Kalbar.
(*/Dispen Lantamal XII)