Ketua IKBM Sukiryanto Sambut Baik Pelatihan Manasik Haji di Rumah Budaya Madura

oleh -1.906 views
Pelatihan manasik haji siswa TK Handayani di Rumah Budaya Madura IKBM Kalbar, Jalan Selat Panjang, Pontianak, Sabtu (8/9/2018).

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Lembaga Pendidikan Anak (LPA) Handayani melaksanakan kegiatan pelatihan manasik haji di Rumah Budaya Madura Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalbar di Jalan Selat Panjang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Sabtu (8/9/2018).

Pelatihan manasik haji ini diikuti seluruh siswa TK di sekolah tersebut yang didampingi oleh para guru, tenaga pelatih manasik, serta para orang tua siswa.

Ketua IKBM Kalbar menyambut baik pelaksanaan pelatihan manasil haji yang diselenggarakan di Rumah Budaya Madura.

Menurutnya, dengan adanya pelatihan manasik haji ini, anak didik diharapkan bisa lebih mudah dalam mengenal dan memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji.

“Selain itu, anak-anak juga ditanamkan pengetahuan sejak dini sehingga mereka memiliki semangat serta cita-cita untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci,” ujarnya di Pontianak.

Di samping menanamkan nilai-nilai dan ajaran Islam, Sukiryanto menuturkan, bahwa tidak kalah pentingnya pelatihan ini untuk lebih mempererat tali silaturahmi.

“Yang tidak kalah pentingnya pelatihan manasik haji ini untuk lebih mempererat ukhuwah islamiah, baik sesama siswa maupun para guru serta orang tua siswa,” ucapnya.

Sukiryanto mengaku senang kerjasama dengan pihak lembaga pendidikan ini, di mana Rumah Budaya Madura dijadikan tempat untuk pendidikan terhadap anak. Kegiatan pelatihan manasik haji di Rumah Budaya Madura telah dilakukan beberapa kali oleh LPA Handayani.

Ia mengatakan, keberadaan rumah budaya ini tidak hanya sebagai wadah melestarikan kebudayaan masyarakat adat Madura saja. Lebih dari itu, dibangunnya rumah budaya juga sebagai tempat berbagai aktivitas bermanfaat lainnya, seperti pelatihan manasik haji ini.

“Kita berharap rumah budaya tidak hanua sebagai tempat untuk melestarikan kebudayaan atau tempat kegiatan-kegiatan kebudayaan, tapi juga menjadi wadah pendidikan. Itulah salah satu tujuan dibangunnya rumah budaya ini,” tutur Sukiryanto yang merupakan calon anggota DPD RI dapil Kalbar ini. (qrf)