Singkawang Dinobatkan Sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia

oleh

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Kota Singkawang dinobatkan sebagai kota paling toleran tahun 2018 oleh Setara Institute. Kota berjuluk kota seribu kelenteng ini menjadi daerah dengan skor tertinggi dalam Indeks Kota Toleran se- Indonesia.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Jumat (7/12/2018). Selain Singkawang, terdapat 9 kota lainnya yang juga masuk dalam 10 besar kota toleran.

Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengaku bersyukur dan senang atas nilai yang diraih kotanya ini. Predikat ini adalah untuk kedua kalinya.

“Saya bersyukur. Ini yang kedua kalinya Kota Singkawang mendapat peringkat tertinggi menjadi kota tertoleran di Indonesia,” ujarnya.

Irwan menjelaskan, titel sebagai kota toleran ini, lantaran Singkawang mampu menjaga keharmonisan antar masyarakat yang memang menjadi kebutuhan bersama.

“Seperti yang diungkapkan bapak menteri. Bahwa pemerintah dan masyarakat sipil harus mampu memelihara mewujudkan kualitas yang harmonis dalam keberagaman,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kota Singkawang sangat unik, toleran dan kultural. Pemikiran tersebut terus ditanamkan.

“Jangan merasa menjadi individu yang dominan. Sehingga kita dapat saling menghargai. Dan hal yang selalu kami sampaikan dalam setiap pertemuan, sehingga masyarakat bertanggung jawab untuk kotanya” katanya.

Dirinya beserta jajaran di Kota Singkawang akan terus berupaya mempertahankan peringkat yang berhasil diraih ini dengan menjaga keberagaman agama, budaya dan etnis. (mizar)

Mendagri Tjahjo Kumolo saat memberikan trofi penghargaan kota toleran 2018