Rombongan Kirab Satu Negeri Parade Bendera Merah Putih di Sungai Kapuas

oleh -1.538 views
Rombongan KSN parade pataka Merah Putih di Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, Sabtu (6/10/2018).

SANGGAU, KILASKALBAR.com – Rangkaian kegiatan Kirab Satu Negeri (KSN) di Kalimantan Barat disemarakkan dengan pengibaran 17 pataka Merah Putih yang dibawa menggunakan perahu motor menyusuri Sungai Kapuas di Kabupaten Sanggau, Sabtu (6/10/2018).

Pataka-pataka tersebut dibawa dari Tayab melewati Tayan menuju Keraton Pakunegara Tayan di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, untuk penyerahan pataka secara simbolis.

Saat di Sungai Kapuas, satu per satu pataka Merah Putih dikibarkan di perahu rombongan kirab masing-masing. Sesampainya di Keraton Tayan, pataka diserahkan ke pemerintah kecamatan dan disaksikan oleh tokoh agama dan warga setempat.

Kirab Satu Negeri dilaksanakan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor se-Kalbar. Berbagai rangkaian kegiatan digelar di seluruh kabupaten/kota di Kalbar.

“Parade bendera Merah Putih di Sungai Kapuas ini merupakan rangkaian dari kegiatan Kirab Satu Negeri, dan sebagai simbol cinta kita terhadap NKRI,” ujar Ketua PW GP Ansor Kalbar Muhammad Nurdin, Minggu (7/10/2018).

Parade pataka disambut baik warga setempat. Pelaksanaan KSN berlangsung sesuai yang telah direncakan.

Nurdin menjelaskan, pataka-pataka yang dibawa menyusuri Sungai Kapuas ini, selain bagian dari rangkaian kegiatan, juga bentuk andil GP Ansor dalam mempromosikan potensi daerah Kalbar, yakni sungai.

“Sebagaimana kita ketahui, Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Kalimantan, dan Kalbar dikenal dengaj sungainya. Nah, kita ingin mempromosikan potensi sumber daya alam yang ada di Kalbar ini, Sungai Kapuas,” terangnya.

Tidak hanya parede pataka di sungai, rombongan kirab juga menggelar apel kebangsaan di kawasan perbatasan, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Sanggau, Minggu (7/10/2018) pagi.

Baca juga: Kirab Satu Negeri di Kalbar, Parade Bendera Merah Putih Berkibar di Perbatasan Entikong

Ratusan pataka Merah Putih juga berkibar di perbatasan Indonesia-Malayasia itu. Apel di PLBN Entikong merupakan acara puncak dari KSN yang mengusung tema “Bela Agam Bela Negeri”.

Sebelumnya, rombongan kirab juga menggelar zikir akbar di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Balai Karangan.

KSN dimulai dari lima titik daerah terluar di Indonesia, yakni Sabang, Nunukan, Pulau Miangas, Pulau Rote, dan Merauke, pada 16 September sampai 26 Oktober 2018.

KSN dilaksanakan serentak 34 provinsi se-Indonesia. Puncaknya akan dilaksanakan di Kota Yogyakarta pada 26 Oktober 2018, dan bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo. (qrf)