Investigasi Kasus Hepatitis A, Tim Kemenkes Turun dengan Membawa Peralatan Lengkap

oleh -1.622 views
Tim investigasi dari Kemenkes juga melakukan asesment di Singkawang.

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Supdit Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan Direktorat P2PML-Dirjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Dr. M Epid mengatakan, investigasi yang dilakukan tim dari Kemenkes untuk menindaklanjuti maraknya penyebaran virus Hepatitis A di Kota Singkawang.

“Seperti yang telah kita lihat di media bahwa di Kota Singkawang sedang marak virus Hepatitis A. Dan ini menjadi fokus kami untuk menindaklanjuti dan melakukan penanggulangan kejadian ini,” ujarnya di Singkawang, Kamis (6/9/2018).

Ia menjelaskan, terhadap kejadiaan tersebut Kemenkes telah melakukan koordinasi dengan tim kesehatan Kota Singkawang melakukan investigasi dan melakukan asistensi terkait penyakit Hepatitis A terkait bagaimana cara penanggulanganya.

Baca juga: Tim dari Kemenkes Investigasi Kasus Hepatitis A di Singkawang

“Hal ini kita lakukan untuk menanggulangi penyebaran penyakit ini. Agar dapat tertanggulangi agar dapat mengembalikan kondisi lebih awal,” katanya.

Ia menerangkan, tim yang turun untuk melakukan investigasi ini lengkap. Dari program hepatitis, laboratorium, teknik kesehatan lingkungan dari Jakarta. Dan terintegrasi dari Kisabangkes, Dinkes Provinsi. Serta tim surveilans untuk mencari langkah-langlah strategis yang dapat diambil baik jangka pendek, menengah dan panjang agar bisa tuntas.

“Untuk itu kita telah mempersiapkan segala persiapan baik dari logistik untuk uji air, uji darah untuk penderita fan sebagainya. Yang jelas tenang saja. Dan ini akan kita asistensi dengan teman-teman di Singkawang agar dapat menanggulanginya sendiri dengan bertahap,” ucapnya.

Terkait untuk alat pengecekan labiratorium, ia mengatakan bisa menyediakan alat pendeteksi penyakit tersebut, namun secara bertahap. Untuk jangka panjangnya, akan dilakukan asesment kepada pihak Kementerian melalu akreditasi rumah sakit.

“Nantinya kita akan melakukan asesment melalui akreditasi rumah sakit, hal Apa saja yang dibutuhkan. Untuk pemantauan lingkungan di Kota Singkawang, khususnya Kalimantan Barat kita terintegrasi dengan BPPKL Jakarta. Oleh karena itu tim kita turun untuk melakukan itu semua,” pungkasnya. (mizar)