Kabar Seorang Guru Meninggal di Singkawang Karena Hepatitis A Hoaks

oleh -1.718 views
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, HM Nadjib.

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Postingan dari pengguna media sosial Facebook bernama Margareth Angellyca Chai di Grup Singkawang Informasi menjadi momok menakutan dan kekhawatiran bagi masyarakat Singkawang.

Pasalnya dalam postingan itu menyebutkan jika ada seorang guru di sekolah Mudita Singkawang telah meninggal dan dimakamkan lantaran diduga mengalami penyakit Hepatitis A.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, HM Nadjib mengatakan, tidak terlalu percaya dengan informasi yang disampaikan. Menurut dia keterangan dokter, Hepatitis A ini sangat kecil untuk bisa mematikan penderita.

“Artinya ada proses-proses yang sangat panjang untuk dapat menimbulkan kematian,” ujarnya kemarin.

Namun, untuk mengetahui kebenarannya, dia sudah memerintahkan Sekretaris Dewan Pendidikan untuk mengunjungi sekolah yang dimaksud guna mengetahui hal yang sebenarnya.

Dia mengimbau kepada pengguna medsos bijaklah dalam menggunakan medsos. Jangan sampai informasi yang disampaikan mengajak orang untuk ikut panik.

Meskipun diakuinya, jika penyebaran virus yang diduga Hepatitis A ini sudah dikategorikan sebagai kejadian luar biasa (KLB), tetapi penyakit tersebut tidak sampai menimbulkan kematian.

“Untuk itu, kepada masyarakat jangan terlalu panik, tapi waspada. Jangan terlalu berlebih-lebihan dalam menyikapi ini,” pintanya.

Secara terpisah, Sekretaris Dewan Pendidikan Singkawang, Helmi Fauzi mengatakan, pihaknya sudah melakukan penelusuran terhadap isu yang berkembang di medsos yang menyebutkan jika ada seorang guru yang meninggal dikarenakan Hepatitis A.

“Setelah dilakukan penelusuran, bahwa hal itu tidak benar,” katanya.

Dari penelusuran, lanjut dia, bahwa guru yang meninggal tersebut dikarenakan sakit, bukan karena penyakit Hepatitis.

“Guru tersebut meninggal karena sakit gula darah yang cukup tinggi tapi bukan sakit karena Hepatitis A,” ujarnya. (mizar)