Daniel Johan Berharap Kampus Mampu Ciptakan Regenerasi Petani Profesional

oleh -1.571 views
Daniel Johan bersama Dekan Fakultas Pertanian UNU Kalbar, Elliska Murni Harfinda.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan menilai, sudah saatnya generasi muda dalam hal ini mahasiswa ikut berperan aktif dalam membangun sektor pertanian.

Faktanya, saat ini masyarakat petani yang jumlahnya 80 persen, didominasi oleh mereka yang berusia di atas 50 tahun ke atas. Maka dari itu, regenarasi petani Indonesia sangat diperlukan.

“Apalagi di tengah-tengah fakta 80 persen petani kita usianya sudah 50-60 tahun ke atas. Kalau tidak ada regenerasi, tetapi kita berharap regenerasi berikutnya adalah generasi yang dibekali juga oleh ilmu dan teknologi,” ujarnya usai menghadiri seminar mengurai peran Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar untuk memperkuat ketahanan pangan dan hortikultura, di Pontianak, Kamis (6/9/2018).

Menurut Daniel, bagi mahasiswa arah sektor pertanian lebih kepada agrobisnis. Selain menerapkan konsep pertanian dengan disiplin keilmuan yang lebih modern, peran mahasiswa juga harus mampu mengintegrasikan hulu dan hilirisasi pertanian.

“Bagaimana dia mengintegrasikan dari hulu sampai hilir. Dan faktor menajemen juga menjadi penting,” katanya.

Daniel berharap lembaga perguruan tinggi memiliki program melalui kurikulum yang mendorong mahasiswanya untuk membuat pilot project terkait pertanian yang menyentuh pada petani dan desa binaan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UNU Kalbar, Elliska Murni Harfinda mengatakan, seminar ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi para mahasiswa khususnya di Fakultas Pertanian.

“Harapannya khususnya untuk mahasiswa lebih semangat dalam berkualiah. Ditambah wawasannya nih. Kalau pertaian itu ujung-ujungnya bukan menjadi petani tapi bisa menjadi wirausaha di bidang pertanian,” katanya.

“Mungkin saja nanti pada saat KKN mahasiswa bisa memberikan ilmunya kepada petani-petani desa,” timpalnya.

Dalam perjalanannya sejak awal tahun 2018, Fakultas Pertanian UNU Kalbar telah melakukan sejumlah kegiatan pengabdian di masyarakat.

“Awal tahun ini 2018 sudah ada pengabdian ke masyarakat yang dilakukan oleh dosen Fakultas Pertanian dari Kemenristekdikti melalui kemitraan masyarakat di Kabupaten Kubu Raya,” ucapnya.

Ke depan, Fakultas Pertanian UNU Kalbar juga akan melakukan pengabdian di masyarakat kabupaten lainnya. Pengabdian ini sebagai bentuk tri darma perguruan tinggi. Baik melalui penelitian maupun pengabdian langsung ke masyarakat. (qrf)