Pj Gubernur Berharap Pagelaran Wayang Kulit Masuk Even Tahunan

oleh -1.830 views
Pj Gubernur Dodi Riyatmadji saat menghadiri pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Kubu Raya, Sabtu (5/5/2018) malam.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyatmadji, membuka pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam rangka memperingati satu abad orang Jawa di Kalimantan Barat di Gardenia and Resort Spa, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (5/5/2018).

Dodi berharap, pargelaran wayang di tengah masyarakat juga mempunyai fungsi yang penting sebagai sarana pendidikan dan kebudayaan, penghayatan estetis, hiburan, integritas sosial, kegiatan ekonomi, atraksi wisata serta sebagai lembaga penuh makna.

“Kedepannya pergelaran wayang kulit di Kalbar ini nantinya menjadi salah satu Calender of Event Kalbar oleh sebab itu, promosi budaya dan pariwisata Indonesia adalah tugas kolektif yang memang membutuhkan variasi dalam penyampaiannya,” kata Dodi.

Dia menjelaskan, dengan potensi keindagan alam dan keberagaman budaya Kalbar tentu saja dapat menarik publik internasional untuk menyinggahi Kalbar, ini terlihat dari kunjungan wisatawan mancanegara dalam 2 tahun terakhir yang selalu naik tiap tahunnya hingga di targetkan tahun 2018 ini mendatangkan 50.000 wisatawan mancanegara.

“Tentunya ini bukanlah upaya untuk menonjolkan budaya jawa semata tetapi juga merupakan upaya untuk memperkenalkan Kebudayaan yang ada di Kalimantan Barat ini,” ujarnya

Dodi juga berpesan agar budaya yang sudah ada harus tetap di pelihara dan dilestarikan, untuk itu diharapkan kepada masyarakat Kalbar agar dapat berkontribusi nyata terhadap lingkungan sekitarnya.

“Kedepannya agar semua perbedaan budaya menjadi sebuah kekuatan dalam pemersatu banga Indonesia,” pungkas Pj Gubernur Kalbar. (*/qrf)