Aksi Bela Bangsa, Ketua IKBM Kalbar Ajak Masyarakat Lawan Provokasi

oleh -1.537 views
Aksi Bela Bangsa di Tugu Digulist, Jumat (02/11/2018)

PONTIANAK, KILASKALBAR.com Ketua Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalimantan Barat, Sukiryanto mendukung kalangan pemuda dalam upaya membela bangsa terhadap tindakan provokatif yang dapat memecah belah kesatuan.

Hal ini disampaikannya usai menghadiri Aksi Bela Bangsa oleh Aliansi Pemuda Kalimantan Barat di kawasan bundaran tugu digulist, Jumat (02/11/2018) kemarin.

“Kerukunan menjadi tantangan serius bagi kita. Sebagai negeri yang besar dan majemuk memang banyak tantangan dalam persatuan, tapi yakin banyak solusi untuk menyatukan kita,” katanya.

Oleh karena itu menurutnya, memang dibutuhkan peran semua pihak untuk menggalang persatuan, agar negara ini tidak terpecah belah. Dia mengajak untuk melawan segala bentuk intimidasi, provokasi yang menggiring keretakan persatuan negara ini.

“Sikap toleransi mesti dikuatkan, sehingga keberagaman yang ada menjadi kekuatan yang dahsyat,” ujarnya.

Aksi damai juga ikut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat lintas etnis dan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono.

Kapolda mengapresiasi semangat pemuda Kalbar ini, terlebih masih dalam momen sumpah pemuda. Semangat pemuda untuk membela bangsa dan daerah memang mesti terus digelorakan.

“Hari ini kita melihat spirit pemuda. Kalbar sangat multi etnis, kita bisa bersatu bersama-sama untuk menjaga dalam bingkai NKRI,” katanya.

Kapolda mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keutuhan bangsa dan bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kalbar.

“Alhamdulillah memang sampai saat ini, seluruh rangkaian aktivitas warga di Kalimantan Barat memang kondusif,” ungkapnya.

Aksi Bela Bangsa juga menyajikan pertunjukan kesenian daerah semacam musik tradisional dan arak-arakan barongsai. Satu per satu perwakilan pemuda menyampaikan orasi yang berkaitan dengan kerukunan. Aksi ini berjalan tertib dikawal aparat kepolisian.

Aksi Bela Bangsa di Tugu Digulist, Jumat (02/11/2018)