Pemkot Singkawang Libatkan Multipihak Gelar Rakor Kampanye Imunisasi MR

oleh -1.751 views
Rakor kampanye imunisasi measles rubella di Aula Bumi Bertuah Pemkot Singkawang, Senin (3/9/2018).

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Pemkot Singkawang menggelar rapat koordinasi kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) di Aula Bumi Bertuah Pemkot Singkawang, Senin (3/9/2018)

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua MUI Singkawang, Muchlis, sejumlah puskesmas, lurah, camat serta Dinas Kesehatan Kota Singkawang.

Plt Sekda Kota Singkawang Bujang Sukri mengatakan, sesuai dengan Fatwa MUI yang baru, imunisasi MR telah dinyatakan mubah atau diperbolehkan.

“Untuk itu harus ada peran serta dari MUI untuk melakukan sosialisasi terkait Measle Rubella,” ucapnya.

Selain MUI, ia mengatakan, peran serta multipihak sangat dibutuhkan dalam mensosialisasikan imunisasi MR ini.

Ketua MUI Singkawang, Muchlis mengatakan, vaksin MR dibolehkan. Berkenaan hal tersebut, pihaknya telah melalukan sosialisasi.

“Sesuai dengan Fatwa MUI hal tersebut mubah. Dalam arti kata di dalam keadaan darurat diperbolehkan. MUI Pusat dan Singkawang telah melakukan sosialisasi,” ujarnya.

Ia berharap kepada Dinas Kesehatan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat melalui dokter yang paham dampak dari MR, di mana persoalan ini telah dinyatakan dadurat.

“Itu dilakukan agar masyarakat dapat paham, dan MUI telah memperbolehkan vaksin MR. Dan telah melakukan imbauan fatwa tersebut, dan itu merupakan bantuan MUI kepada pemerintah. Jadi tinggal sosialisasi dari dinas terkait untuk menjelaskan dampak tidak melakukan vaksin MR,” katanya.

Intinya, lanjut dia, MUI sangat mendukung pemerintah agar mencapai target yang telah ditetapkan. (mizar)