Lapas Singkawang Dipimpin Kalapas Baru

oleh -1.981 views
Sertijab Sambiyono (kanan) ke Kalapas Kelas II B Singkawang yang baru, Irwan.

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Lapas Kelas II B Singkawang menggelar serah terima jabatan (sertijab) Kepala Lapas (Kalapas) di halaman Lapas Kelas II B Singkawang, Senin (3/9/2018).

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprobowati mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan penyegaran dan untuk motivasi kepala unit agar dapat menimbulkan inovasi baru.

“Ini dilakukan untuk penyegaran. Jika terlalu lama kan nantinya Kalapas suntuk, jenuh,” katanya di Lapas Kelas II B Singkawang.

Lebih lanjut ia mengatakan, hal ini sejalan dengan program Dirjen Pemasyarakatan (Pas) Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka pelaksanaan tugas sehari-hari sesuai reformasi birokrasi yang berlaku di tempat ia bertugas.

Oleh karena itu, ia berharap Kalapas baru nantinya akan menata kembali di Lapas Kota Singkawang ini. Sementara Sambiyono juga akan membawa pencerahan di Lapas baru tempat ia bertugas yaitu Kota Tegal. Kalapas Kelas II B Singkawang yang baru dijabat oleh Irwan.

“Kita harap tugas yang baik di Singkawang dapat dolakukan di tempat yang baru,” tungkasnya.

Sementara itu, mantan Kalapas Kelas II B Kota Singkawang, Sambiyono mengaku bangga dan puas karena sudah bisa membuat Poliklinik di Lapas untuk menampung semua warga binaan yang sakit di Kalbar.

“Sehingga apa pun jenis penyakitnya bisa kita obati di sini. Mudah-mudahan bisa disembuhkan,” ucapnya.

Selama 3 tahun 10 bulan lanjutnya, tugas yang diembannya sebagai Kalapas Kelas II B Kota Singkawang berjalan dengan lancar.

Ia juga mengatakan, pekerjaan rumah yang belum dilaksanakan adalah membuat reservoir atau bak penampungan air di depan Lapas bekerjasama dengan Pemkot Singkawang.

Hal ini mungkin akan dilanjutkan Kalapas yang baru, termasuk kolam ikan akan dipinjam untuk pembuat reservoir air di Singkawang Selatan.

“Mudah-mudahan kepala lapas yang baru dapat merealisasi harapan saya ini. Kemudian apa yang sudah dibuat di Lapas Kota Singkawang bisa diterapkan di Lapas Kota Tegal,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kalapas Kelas II B Kota Singkawang, Irwan mengatakan akan melaksanakan tugas dari Kemenkum HAM di Lapas Singkawang.

“Saya akan melaksanakan tugas dari Kemenkum Ham di sini,” katanya.

Tahap awal Irwan akan melihat situasi dan kondisi di lapangan dulu untuk mengetahui apa yang harus dilakukan yang terbaik untuk Lapas Singkawang.

Di mana sebelumnya Irwan menjabat sebagai Kalapas Kelas II B di Kota Tegal selama 18 bulan. Sebelumnya menjabat Kepala Rutan di Sukadana, Lampung Timur.

“Kalau lihat background sudah empat kali menjabat Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT),” ungkapnya. (mizar)