Buka Festival Sahur-Sahur XVI, Kapolda Kalbar Ajak Peran Aktif Masyarakat Jaga Stabilitas Kamtibmas

oleh -2.180 views
Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono membuka Festival Sahur-Sahur di Mempawah, Jumat (1/6/2018) malam.

MEMPAWAH, KILASKALBAR.com – Hadir di acara Festival Sahur-Sahur XVI se-Kalbar di Mempawah, Jumat (1/6/2018) malam, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono berkesempatan menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kapolda mengajak semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menghadapi stabilitas Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Mempawah.

“Kami mengharapkan peran dan partisipasi yang dapat dilakukan masyarakat, khususnya para tokoh masyarakat, tokoh etnis, tokoh agama, dan tokoh pemuda terutama menjelang Pemilukada,” ujar Kapolda.

Peran dan partisipasi itu, kata Kapolda, di antaranya masyarakat dapat melakukan deteksi dini terhadap kondisi kamtibmas di lingkungan masing-masing.

“Sekecil apapun gejala dan potensi gangguan kamtibmas harus dideteksi, kemudian dilakukan pendekatan, musyawarah dan pemecahan masalah, kedepankan tiga pilar (Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas),” jelasnya.

Kedua, lanjut dia, berperan dan berpartisipasi aktif dalam membangun stabilitas kamtibmas dengan mengedepankan semangat nasionalisme kebangsaan.

“Hindari segala bentuk yang berbau disintegrasi. Karena kita di sini, di tanah ini adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Festival Sahur-Sahur yang merupakan agenda tahun dengan memperebutkan piala bergilir dari Kemenpora ini, diikuti masyarakat khususnya kalangan pemuda. Kapolda mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Ajang Festival Sahur-sahur ke XVI ini diharapkan dapat mengembangkan minat, ide kreatif, bakat, serta budaya lokal yang ingin memajukan Kalimantan Barat dari perspektif pariwisata,” harap Kapolda yang berkesempatan membuka acara festival. (*/qrf)