Berikan Tausiah Ramadan di Masjid Jami’ Keraton Mempawah, Ini yang Disampaikan Kapolda Kalbar

oleh -1.973 views
Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono saat menyanyikan tausiah di Masjid Jami' Keraton Mempawah, Jumat (1/6/2018) malam.

MEMPAWAH, KILASKALBAR.com – Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, berkesempatan memberikan tausiah Ramadan di Masjid Jami’ Keraton Mempawah, Jumat (1/6/2018). Dalam tausiahnya, jenderal bintang dua ini memaparkan keistimewaan Ramadan.

Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia. Kata Kapolda, karena di bulan ini pertama kali kitab suci umat Islam Alquran diturunkan.

“Seperti yang tertulis dalam Quran Surah Albaqarah 185 bahwa Allah memuji bulan Ramadan dari bulan-bulan lainnya karena bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya Alquran,” ujarnya.

Di bulan ini, lanjut Kapolda, amal saleh akan dilipatgandakan.

“Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa bulan Ramadan adalah waktu di mana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukan di bulan-bulan lainnya,” terangnya.

“Di bulan Ramadan ini juga, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjalankan amalan saleh lainnya,” timpal Kapolda Didi.

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Inilah alasan mengapa bulan Ramadan juga disebut sebagai malam seribu bulan.

“Karena saat seorang muslim melakukan sebuah kebaikan di bulan Ramadan, ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan,” katanya.

Kapolda melanjutkan, Ramadan merupakan bulan pengampunan dosa dan dikabulkannya doa-doa. Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dijelaskan, bahwa setiap muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Bahkan dengan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan kita kembali bagaikan seorang bayi yang baru lahir. Di bulan Ramadan juga, Allah berfirman, bahwa setiap doa yang dipanjatkan maka pasti akan dikabulkan.

Di samping itu, Ramadan terdapat satu malam yang sangat istimewa, yakni Lailatul Qadar. Malam ini, terang Kapolda, merupakan malam yang paling didambakan oleh setiap umat muslim saat bulan Ramadan.

“Malam yang terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadan ini merupakan malam yang paling baik diisi oleh doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun di malam Lailatul Qadar,” jelas Kapolda Didi. (*/qrf)