NU Pontianak Launching Koperasi Usaha dan Jasa

oleh -986 views
Penyerahan berkas legalitas oleh sekretaris koperasi ke Rois Syuriah, Ketua PCNU Pontianak, dan dewan pengawas.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama ( PCNU) Kota Pontianak melaunching Koperasi Ittihadut Tujjar An-nahdliyin. Kegiatan berlangsung di halaman Pondok Pesantren Nahdlatus Syubban, Pontianak Barat, Selasa (1/5/2018) malam.

Acara launching dihadiri Rois Syuriah KH A Rustamadji, Ketua PCNU Ahmad Faruki, Ketua-ketua MWC NU se-Kota Pontianak, lembaga PCNU Pontianak dan perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Pontianak.

Ketua Koperasi Ittihadut Tujjar An-nahdliyin, Husni Mubarok mengatakan, terbentuknya koperasi ini dimulai dari rapat harian jajaran PCNU bersama MWC NU se-Kota Pontianak pada 23 Desember 2017 lalu.

“Kami berkeingan sama untuk melahirkan badan usaha perekonomian yang sifat gotong royong. Dan disepakatilah untuk mendirikan koperasi yang bergerak di bidang usaha dan jasa,” ujarnya.

Adapun Koperasi Ittihadut Tujjar An-nahdliyin memiliki produk dan usaha, di antaranya Go Umroh, Nahnu Es Krim, dan Nahnu Kopi.

“Alhamdulillah untuk perkembangan pemasarannya, Nahnu Kopi tidak hanya di wilayah Pontianak saja, tetapi sudah sampai ke daerah Jawa Timur di mana kami sudah mengirimkan pesanan konsumen di Kota Malang dan Lamongan,” ungkapnya.

Menurut dia, hal ini tentu saja positif untuk perkembangan koperasi ini yang tentu diharapkan bisa berkontribusi juga untuk perbaikan kesejahteraan khususnya warga Nahdliyin yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya.

Ia menambahkan bahwa secara legalitas, Koperasi Ittihadut Tujjar An-nahdliyin sudah tidak diragukan lagi di mana pada 12 Maret sudah mendapatkan SK dari Kemenkop dan UMKM dengan Nomor 007695/BH/M.KUKM.2/III/2018.

Perwakilan Diskop dan UMKM Pontianak, Mustamar mengatakan sangat mengapresisasi pelaksanaan launching produk usaha Koperasi Ittihadut Tujjar An-nahdliyin.

“Ini tergolong cepat dan bisa dikatakan tercepat launching produk koperasi konsumen. Di mana biasanya koperasi perlu waktu lama untuk meresmikan produknya, tetapi koperasi ini dari waktu perencanaan pembentukan sampai sekarang kurang lebih hanya tiga bulanan,” katanya.

“Tentu ini menjadi hal yang postif untuk perkembangannya, tinggal kedepannya terus ditingkatkan baik soal kekompakan antar pengurus koperasi dan anggotanya, apalagi koperasi ini memiliki modal basis massa jelas, tinggal manejemen dan pengelolaannya terus diperbaiki sehingga kedepannya keanggotaannya terus meningkat,” timpal dia.

Di tempat yang sama, Ketua PCNU Pontianak, Ahmad Faruki mengaku berterimakasih atas semangat dari para pengurus koperasi sehingga bisa meresmikan tiga produk sekaligus.

“Kami berharap agar bisa terus dikembangkan baik produk yang lebih mengena kebutuhan warga kita khususnya para warga Nahdliyin, sehingga keberadaan koperasi kita benar-benar terasa manfaatnya oleh umat,” tuturnya. Launching tersebut diresmikan secara langsung oleh Rois Syuriah PCNU Pontianak, KH A Rustamadji. (*/qrf)