Pemprov Siapkan Fasilitas Penunjang e-Smart IKM di Kalbar

oleh -288 views
Wagub Kalbar, Ria Norsan di acara e-Smart IKM di Hotel Golden Tulip Pontianak

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Kementerian Perindustrian RI berkomitmen mendorong Industri Kecil Menengah (IKM) di Kalimantan Barat menembus pasar global. Hal ini diimplementasikan melalui program e-Smart IKM.

Terkait hal tersebut, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan mengutarakan pihaknya juga mendukung upaya ini. Pemprov Kalbar sendiri telah memfasilitasi IKM yang berniat mengembangkan sayap bisnis di pasar digital melalui platform Warong Kite.

“Kita juga sudah ada Warong Kite. Kita akan mensinkronkan program ini dengan pemerintah pusat dalam menjual produk-produk kita,” kata Ria Norsan ditemui usai pembukaan e-Smart IKM “IKM Go-Digital” di Hotel Golden Tulip Pontianak, Kamis (2/5).

Ria Norsan memaparkan pelaku IKM di Kalbar berjumlah sangat banyak. Namun dia mengakui sebagian besar IKM dan UMKM yang ada masih kesulitan dalam pemasaran produk. Maka itu program dari Ditjen IKMA Kemenperin ini, sangat dibutuhkan untuk mendorong produk IKM Kalbar bisa menembus dan bersaing secara global melalui e-Smart IKM.

“Dengan adanya e-Smart IKM, ini akan memudahkan kita berjualan secara elektronik, digital. Supaya produk kita dikenal tidak hanya di daerah tapi di luar daerah,” katanya.

Tidak hanya itu, Norsan menyebutkan dukungan pemerintah Kalbar dalam hal ini juga menyangkut persiapan infrastruktur penunjang yang maksimal. Terutama jaringan internet yang memang menjadi penopan utama indri digital tersebut.

“Infrastrukturnya kan ada internet. Kita ada sentral UKM di Jalan Sultan Syarif Abdurrahman. Internet di situ sangat menunjang dan sudah bagus. Ada lagi yang lebih bagus, itu di warung kopi lebih bagus,” pungkas Norsan berseloroh. (gel)